Share

6 Negara dengan Cuti Lahiran Terlama di Dunia, Nomor 5 Auto Pindah

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 01 September 2022 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 622 2658847 6-negara-dengan-cuti-lahiran-terlama-di-dunia-nomor-5-auto-pindah-c17oNywVLm.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Ada 6 negara dengan cuti lahiran terlama di Dunia menarik untuk diulas. Cuti melahirkan merupakan salah satu hak pekerja perempuan. Meski tiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terkait cuti melahirkan, akan tetapi negara memiliki Undang - Undang yang mengatur secara jelas sehingga perusahaan wajib menjalankan setidaknya sesuai dengan yang sudah diatur dalam aturan ketenagakerjaan.

Berikut 6 negara dengan cuti lahiran terlama di Dunia dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Estonia

Banyak negara memberikan pilihan kepada orang tua untuk memperpanjang cuti mereka. Di Estonia, ibu dapat mengambil 20 minggu cuti hamil yang dibayar penuh diikuti 62 minggu cuti orang tua "bonus" opsional. Minggu-minggu opsional ini mungkin membayar persentase yang berbeda dari pendapatan ibu atau ayah—misalnya, Austria menawarkan minimal 16 minggu dengan gaji 100%, lalu tambahan 44 minggu opsional dengan gaji 73,1%.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Boznia-Herzegovina

Dengan angka kelahiran hanya 1,25 bayi per wanita, setiap wanita yang bekerja berhak dapat cuti melahirkan selama 1 tahun dengan gaji dibayar 82% sebulan pertama dan 75% di 11 bulan berikutnya.

3. Kanada

Syarat cuti melahirkan di negara ini sedikit rumit yaitu setidaknya harus bekerja lebih dari 600 jam dan sudah membayar asuransi karyawan selama setahun. Setelah semua terpenuhi, karyawati berhak dapat cuti selama 52 minggu dengan 55% gaji di 17 minggu pertama dan penyesuaian setelahnya.

4.Albania

Albania memberikan cuti melahirkan selama setahun penuh alias 12 bulan dengan gaji yang dibayar sebesar 80% di 5 bulan pertama dan 50% di 7 bulan selanjutnya.

5. Kroasia

Cuti melahirkan bagi karyawati di Kroasia diberikan selama 12 bulan atau setahun dengan gaji dibayar penuh. Cuti melahirkan itu bahkan bisa diperpanjang selama 3 tahun.

6. Swedia

Negara Skandivania ini memberikan cuti melahirkan selama 420 hari atau setahun lebih. Bukan hanya itu, Pemerintah Swedia mewajibkan pembayaran 80% dari total gaji selama yang bersangkutan cuti.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini