Share

BPJS Kesehatan Jadi Syarat Baru Urus SIM dan STNK, Simak Penjelasannya

Zuhirna Wulan Dilla, Okezone · Minggu 04 September 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 320 2660635 bpjs-kesehatan-jadi-syarat-baru-urus-sim-dan-stnk-simak-penjelasannya-IlpyJcnFPO.jpeg BPJS Kesehatan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - BPJS Kesehatan bakal dimasukkan sebagai syarat untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dikutip dari situs resmi Polri, nantinya layanan BPJS Kesehatan akan dihadirkan di seluruh Satpas.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan bahwa kehadiran layanan BPJS Kesehatan di Satpas ini mempermudah masyarakat, khususnya dalam menerima pelayanan publik.

 BACA JUGA:Besaran Biaya Denda BPJS Kesehatan Jika Telat Bayar Iuran, Simak di Sini!

"Hari ini kami dari tim Korlantas bersama PT Jasa Raharja dan rekan-rekan dari BPJS menindak lanjuti instruksi Presiden mengenai kewajiban tentang keaktifan masyarkat sebagai perserta BPJS yang sekarang dikaitkan dengan kemudahan dalam memperoleh pelayanan publik," jelas Kakorlantas Polri dalam keterangan resmi dikutip Minggu (4/9/2022).

"Maka mulai hari ini, di Satpas atau tipe yang akan kita kembangkan ke depan akan terkoneksi dengan berbagai layanan (termasuk BPJS)," tambahnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Dia pun mengajak masyarakat untuk mendaftar dan mengaktifkan BPJS Kesehatan.

Hal itu karena selain bisa mendapatkan layanan kesehatan tambahan dengan mudah, fasilitas ini juga mempermudah mendapatkan pelayanan publik lain.

"Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk dilayani dengan lebih baik dan lebih cepat pada di fasilitas fasilitas publik lainnya. Termasuk di kepolisian, SIM dan STNK," pungkasnya.

Diketahui, aturan ini diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang pengurusan SIM dan STNK di Indonesia.

Dengan adanya aturan baru ini, pemohon SIM dan STNK harus sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini