Share

Cara Desain Interior Rumah Minimalis dengan Budget Kecil

Sabtu 10 September 2022 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 470 2664953 cara-desain-interior-rumah-minimalis-dengan-budget-kecil-Nfs7caW0U6.jpg Tips Desain Interior Rumah dengan Budget Kecil. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Selain bangunan indah, desain interior, warna dan pemilihan furniture menjadi kunci bikin rumah nyaman dan menyenangkan.

Tak perlu dirancang secara besar-besaran, bisa kok menjadikan ruangan terbatas rumah menjadi fungsional, estetis dan nyaman dengan anggaran minimalis.

Misalnya menjadikan ruang keluarga berukuran 6x3 terasa nyaman dan indah. Atau menjadikan dapur minimalis kamu menjadi super oke dan instagram mebel.

Baca Juga: 7 Negara di Amerika yang Cocok bagi Pensiunan, Florida Tidak Masuk?

Jangan membayangkan budget besar untuk mewujudkannya. Saat ini ada banyak pilihan desain interior dan furniture yang bisa menjadikan rumahmu surgamu.

Head Commercial Offline Retail Dekoruma.com Annice Agusta memastikan, biaya untuk melengkapi furniture satu unit rumah ukuran minimalis lengkap desain interior indah sesuai keinginan dengan budget Rp80 juta.

"Dekoruma menyiapkan semuanya, termasuk konsultan. Jika satu ruangan ukuran 3x6 berkisar Rp30 juta, maka untuk satu unit rumah tipe milenial berkisar Rp80 juta. Itu sudah lengkap desain interiornya, furniture termasuk kitchen dengan pemilihan warna" bebernya saat berbincang di acara Grand Opening Dekoruma Experience Center di Bali, akhir pekan lalu.

Tak sedikit kawula muda kini mengambil hunian mungil pasca menikah. Pemilihan furniture untuk mempercantik sisi rumah yang akan ditempati bersama.

Baca Juga: Rusun Tak Laku, Rumah Tapak Jadi Primadona Selama Pandemi Covid-19

Pemilihan barang-barang yang tepat serta warna sangat penting sehingga dapat memberikan unsur mewah walau dengan ukuran ruangan kecil.

Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma memberikan trik dan tips mendekorasi rumah bagi pasangan muda milenial yang baru membeli hunian agar cozy dan indah.

"Sekarang kan rumah mungil-mungil ya, gimana kita mensiasati supaya tetap lega dan nyaman. Yang pertama tentunya layoutnya," ujar Kania.

Kania menyarankan agar kamu sebaiknya menentukan konsep terlebih dahulu. Konsep open space tanpa sekat sebaiknya menjadi pilihan agar ruangan terlihat lebih lega. "Kalaupun ada sekat sebaiknya gunakan see through (menerawang)," ujar Kania.

Kemudian pemilihan warna juga menjadi aspek penting dalam sisi ruangan. Ingat, sebaiknya hindari warna gelap seperti hitam, hal ini untuk memberikan kenyamanan.

"Kamu bisa pilih warna terang pada dindingnya. Hindari warna gelap karena akan memberikan efek sempit dalam rumah. Kalau bisa menggunakan warna putih, atau abu-abu muda, hijau muda, biru muda agar memberikan nuansa sejuk ," tutur Kania.

Selanjutnya pemilihan furniture yang juga tak kalah penting. Disarankan memilih barang-barang yang memiliki banyak manfaatnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Yang ketiga pilih furniture spesifik, multi fungsi, misalnya sofa yang bisa dipakai untuk duduk atau buat tidur.

"Meja yang bisa dilipat, jadi kalau tidak digunakan bisa dilipat atau bisa kita masukin lagi. Jadi bisa mengikuti sesuai kebutuhan kita," lanjutnya.

Memakai jasa custom untuk membuat furnitur juga dapat menjadi solusi bagi kalian yang masih bingung memanfaatkan sisi ruangan.

Terus kamu bisa menggunakan custom furniture, jadi maksimalkan setiap sudut dengan space yang ada.

"Manfaatkan pernyimpanan vertikal, dengan begitu walaupun barang kita banyak tetap akan terlihat rapih," tuturnya.

Terakhir adalah pencahayaan, atur penempatan barang-barang agar tidak menghalangi sinar matahari yang masuk ke rumah. Pencahayaannya sebisa mungkin tidak menutupi pencahayaan alami, seperti jendela, dengan begitu natural light tetap masuk ke dalam ruangan.

"Intinya buat ruangan lega dan sirkuliasi udara tetap berputar dengan baik," akunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini