Share

Struktur Organisasi IKN Ditargetkan Rampung Sebelum Akhir 2022

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 13 September 2022 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 470 2666850 struktur-organisasi-ikn-ditargetkan-rampung-sebelum-akhir-2022-KawCVxGuzt.jpg Struktur organisasi IKN ditargetkan selesai akhir tahun (Foto: Instagram)

JAKARTA – Struktur organisasi Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan rampung sebelum akhir 2022. Kepala Otorira IKN Bambang Susantono mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun struktur organisasi Badan Otorita IKN Nusantara.

Bambang menjelaskan, sesuai amanat UU Kepala Otorita itu diberikan waktu setidaknya hingga akhir tahun untuk membentuk struktur organisasi ibu kota baru itu.

"Di dalam badan Otorita ini memang saya masih berdua dengan Pak Dhonny kalau bicara tentang Badan Otorita, kami oleh peraturan perundangan hingga akhir 2022 untuk menata organisasi," ujar Bambang dalam acara konsultasi publik RDTR IKN Nusantara secara virtual, Selasa (13/9/2022).

Bambang mengaku tidak mudah untuk membentuk suatu badan organisasi yang bakal memimpin secara perdana ibu kota baru itu. Hal tersebut yang membuat saat ini badan otorita belum terbentuk.

"Otorita badannya ada tapi personilnya belum ada, saat ini sedang kita tata, tidak mudah menata organisasi dari nol," kata Bambang.

Menurutnya yang menjadi salah satu kendala adalah selektif dalam memilih partner kerja. Selain itu masalah penataan anggaran juga salah yang sulit untuk dipecahkan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Ada masalah personil, ada masalah struktur organisasi dan tata kelola, ada maslah anggaran yang harus semuanya kami siapkan. Kalaupun nanti beroperasi di 2023 tentu tidak bisa langsung lari kencang," lanjutnya.

Oleh karena itu Bambang menyebutkan keberadaan tim transisi ini menjadi sangat penting dalam membantu berjalannya pembangunan ibu kota baru, pun kalau sudah memiliki badan organisasi, karena masih butuh waktu adaptasi.

"Perlu ada pembelajaran, itu sebabnya kedudukan dan asistensi tim transisi sangat penting, makin lama tentu tim transisi berada di belakang, badan otorita yang di depan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini