Share

Apakah PNS Bisa Cat Rambut?

Feby Novalius, Okezone · Kamis 15 September 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 320 2668066 apakah-pns-bisa-cat-rambut-6OkwcLYzAq.jpg Apakah PNS Bisa Cat Rambut? (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Apakah PNS bisa cat rambut? menjadi pertanyaan yang sangat menarik. Apalagi PNS selalu menjadi pekerjaan yang diidamkan banyak masyarakat utamanya pencari kerja.

Mengutip Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil, Kamis (15/9/2022). Dalam Bab VIII terkait ketentuan lain disampaikan dalam Pasal 24 disampaikan bahwa PNS di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah tidak mewarnai rambut yang mencolok.

Baca Juga: Butuh ASN Seleksi PPPK 2022 Dibuka, Posisi Ini yang Paling Dicari Negara

Kemudian PNS wajib berpakaian dinas dengan atribut lengkap dan rambut dipotong pendek rapi dan sesuai dengan etika bagi pria.

Adapun PNS yang tidak mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pasar 24 dikenakan sanksi administratif berupa teguran lisan paling banyak tiga kali oleh atasan langsung dan teguran paling banyak dua kali oleh majelis kode etik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Mengintip Gaji CPNS Lulusan SMA dari Rp2 Juta-Rp3,8 Juta

Sebelumnya, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha 'Ungu' pernah menjadi sorotan saat dirinya menjadi Wakil Wali Kota Palu. Sorotan lantaran gaya rambutnya yang dicat pirang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Gaya rambut Pasha dicat pirang menjadi sorotan saat ia mengunggah posting-an di akun media sosial Instagram pribadinya, @pashaungu_vm. Dalam posting-annya itu, terlihat Pasha mengenakan pakaian PNS tengah menerima tamu dari DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara.

"Terima kasih banyak kami haturkan kunjungan sahabat-sahabat saya anggota DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur Bapak Johan. Bapak Syuaib. Bapak Ma'ruf dan staf Bapak Adi. Semoga betah di Palu dalam kunkernya ya. jangan lupa mampir makan durian Palu yang terkenal enak banget. Semoga ini jadi berkah manfaat bagi kami masyarakat Kota Palu Sulawesi Tengah, aminn," tulis Pasha sebagaimana dilihat Okezone, Selasa (28/7/2020).

Unggahan itu banyak yang memuji, tapi ada pula di antara mereka yang mempertanyakan warna rambut Pasha. Apakah gaya rambut dengan warna cat pirang diperbolehkan atau tidak bagi pejabat negara?

Merespons hal itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar menyatakan tidak ada larangan untuk mewarnai rambut bagi pejabat pemerintah.

"Tidak ada aturan rambut," singkat Bahtiar kepada Okezone.

Sebelumnya, pada 2018 Kemendagri pernah menilai gaya rambut Pasha tidak etis. Saat itu Pasha memotong rambutnya dengan gaya skin fade dan kunciran belakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini