Share

8 Orang Terkaya di Dunia yang Ternyata Dulunya Hacker, Siapa Paling Jago?

Rina Anggraeni, Okezone · Jum'at 16 September 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 455 2668994 8-orang-terkaya-di-dunia-yang-ternyata-dulunya-hacker-siapa-paling-jago-Isrj5pMFri.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA- 8 orang terkaya di dunia yang ternyata dulunya hacker menarik untuk diulas. Di era canggih yang serba teknologi ini diketahui kejahatan yang berbahaya adalah peretasan data, sebab data yang ada dapat curi dan digunakan semena-mena.

Peretas atau hacker adalah seorang yang memiliki kemampuan hebat dalam bidang komputer dan jaringan yang mampu memecahkan sebuah masalah. Meski tidak jarang dinilai negatif, hacker ini ternyata juga bisa menguntungkan.

Berikut 8 orang terkaya di Dunia ternyata dulunya hacker yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Paul Gardner Allen

Dermawan pemilik IQ 170 dari Amerika ini merupakan pebisnis dan investor. Bersama Bill Gates dia mendirikan Microsoft Corporation. Pada Maret 2003, dia dinobatkan sebagai orang ke-53 terkaya di dunia dengan perkiraan harta mencapai USD15 miliar.Sebelum sukses, Allen ternyata pernah menjadi hacker di sekolah menengah atas (SMA).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

2. Mark Zuckerberg

Mark juga tercatat sebagai orang terkaya 20 besar di Amerika Serikat, atau nomor dua sebagai miliarder di usia muda dengan kekayaan mencapai USD 19 miliar  atau sekira Rp210 triliun lebih. (dikutip dari majalah Forbes).

Di 2004, dia menggunakan TheFacebook.com untuk mengakses email dua reporter Harvard Crimson untuk melakukan hacker.

3. Sean Parker

Sang veteran Napster dan Facebook mencoba menguji teknologi ketiga start up dan video chat Airtime. Pria berusia 32 tahun ini memiliki USD1,3 miliar dalam rekeningnya. Saat ini, dia juga tengahh mencoba mengubah platform musik Spotify.Meski begitu, Parker tampaknya memiliki punya banyak usaha untuk meretas saat remaja usia 16 tahun. 

4.  Jan Koum

Jan Koum mendirikan WhatsApp bersama dengan Brian Acton. Koum adalah seorang berkebangsaan Ukraina yang lahir pada 24 februari 1976 di daerah Fastiv bagian Kiev, Ukraina. Dia sendiri adalah seorang keturunan Yahudi.

Kehidupan di masa kecilnya tidaklah mudah. Dia harus berjuang hidup di negara yang anti Yahudi. Untuk menghindari konflik yang makin memanas, keluarga Jan Koum memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1990. Saat itu, usianya menginjak 16 tahun. Di Amerika, keluarganya tinggal di wilayah Mountain View, Amerika Serikat.Dia juga menyebut pernah membobol server dari Silicon Graphics meski tak menyevutkan apa yang ia lakukan dengan itu.

5.Jack Dorsey

Dia memiliki kekayaan bersih sebesar USD11,8 miliar atau sekitar Rp168,7 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Kekayaan tersebut berasal dari dua perusahaan miliknya Twitter dan Square. Square merupakan perusahaan fintech yang dapat melakukan pembayaran kartu kredit dan transfer uang digital melalui CashApp.

6. Steve Jobs

Steven Paul Jobs atau biasa dikenal Steve Jobs, seorang pebisnis dan penemu asal Amerika Serikat (AS) yang merupakan pendiri Apple Inc.Sebelum mendirikan Apple, Jobs dan Wozniak membuat kotak digital biru sebuah perangkat dan dijual seharga USD100 yang bisa menghack sistem telepon.

7. Bill Gates

Bill Gates tercatat masih memiliki kekayaan sebesar USD103,0 miliar atau setara Rp1.534 triliun.

Jauh sebelum dia menjadi orang terkaya di dunia Bill Gates bersama rekannya Paul Allen mpernah mencuri waktu menggunakan komputer dengan memakai akun administrator di Seattle Computer Center.

8. Drew Houston

Drew Houston memiliki kekayaan USD 1,2 miliar. Dia memulai karirnya membasmi bug dalam sebuah game online versi beta. Perusahaan tersebut mengangkat dia dan menjadi satu dari setengah lusin startup tempat dia bekerja sebelum menemukan Dropbox.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini