Share

Rencana Astra (ASII) Usai Akuisisi Bank Jasa Jakarta

Cahya Puteri Abdi Rabbi, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 278 2672707 rencana-astra-asii-usai-akuisisi-bank-jasa-jakarta-BPvYCIGBj2.jpg Rencana ASII usai akuisisi bank Jasa Jakarta (Foto: Freepik)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) telah menyelesaikan transaksi akuisisi PT Bank Jasa Jakarta (BJJ). Akuisisi dilakukan melalui anak perusahaannya PT Sedaya Multi Investama (Astra Financial) bersama dengan WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky).

Dalam akuisisi ini, Astra merogoh kocek hingga Rp3,9 triliun. Setelah transaksi akuisisi ini rampung, baik Astra Financial maupun WeLab Sky memiliki masing-masing sebesar 49,56%.

โ€œRencana kami adalah ingin mentransformasi BJJ menjadi bank digital. Tentu butuh waktu dan akan kita siapkan kurang dari satu tahun untuk segera kita perkenalkan kepada nasabah,โ€ kata Direktur ASII Suparno Djasmin dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Suparno menjelaskan bahwa, lini bisnis jasa keuangan milik Astra berfokus pada segmen ritel dan UMKM. Nantinya, bank digital BJJ diperuntukkan bagi nasabah ritel dan UMKM.

Perseroan menilai, segmen tersebut memiliki prospek yang baik dan akan bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagaimana diketahui, sekitar 77% masyarakat di Indonesia masih tergolong ke dalam kategori unbanked dan underbanked.

Ia menambahkan, BJJ akan dikoneksikan ke dalam ekosistem Astra Financial, juga ekosistem lain yang nantinya akan dibawa oleh BJJ atau WeLab Sky.

Setelah bertransformasi menjadi bank digital, BJJ akan melengkapi produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada pelanggan Astra. Melalui kerja sama ini, perseroan berharap BJJ dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

Sebelumnya, Astra dan WeLab telah bekerja sama dalam ekosistem teknologi finansial di Indonesia. Akuisisi ini merupakan kemitraan strategis kedua setelah pembentukan perusahaan patungan fintech lending bernama PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada tahun 2018 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini