Share

Indonesia Surplus Pasokan Listrik 6 Gigawatt

Rizky Fauzan, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672931 indonesia-surplus-pasokan-listrik-6-gigawatt-ELa4kdrCUR.JPG PLN. (Foto: PLN)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan adanya kelebihan pasokan daya listrik PT PLN (Persero) hingga akhir tahun.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan bahwa hingga akhir tahun nanti setidaknya akan ada kelebihan pasokan daya listrik atau surplus listrik PLN sebesar 6 gigawatt (GW) hingga 7 GW.

Dia menuturkan kelebihan pasokan daya listrik itu terjadi di hampir seluruh Indonesia.

Namun, mayoritas kelebihan daya terjadi di Pulau Jawa.

 BACA JUGA:Tok! DPR Setujui Anggaran Kementerian ESDM Rp5,5 Triliun di 2023

"6 GW kalau akhir tahun ini, [data] yang persis kan di PLN," tutur Rida di gedung DPR, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, dalam rapat kerja dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan tidak ada penghapusan golongan listrik 450 volt ampere (VA).

Arifin menegaskan golongan tersebut akan tetap tersedia untuk masyarakat dan tidak ada rencana untuk mengubah ke golongan pelanggan rumah tangga lain.

"Sebagaimana yang disampaikan tidak ada perubahan masih tetap sebagaimana yang ada, harap agar maklum agar masyarakat bisa memahami," ujar Arifin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga menegaskan bahwa pemerintah tidak menghapus golongan listrik 450 VA.

Dia mengimbau masyarakat tidak perlu merasa resah akan hal tersebut.

“Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk yang 450 [VA], tidak ada juga perubahan dari 450 ke 900 [VA], tidak ada,” kata Jokowi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini