Share

Nunggu BSU Tahap 3 Cair, Cek Nama Kamu Lewat HP Yuk

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Kamis 22 September 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672983 nunggu-bsu-tahap-3-cair-cek-nama-kamu-lewat-hp-yuk-fEres7yk4d.jpg Cek penerima BSU lewat HP (Foto: Freepik)

JAKARTA – Sambil menunggu BSU atau BLT subsidi gaji tahap 3 cair, cek nama kamu dulu yuk. Ini cara mudah cek penerima BLT subsidi gaji atau BSU lewat HP.

Pekerja yang memenuhi syarat bisa mengikuti langkah ini agar BSU Rp600.000 masuk rekening. Adapun pencairan BLT subsidi gaji sudah memasuki tahap kedua. Pada tahap pertama, BLT subsidi gaji disalurkan ke 4.112.052 pekerja dari total 4.361.792 penerima manfaat.

Hingga kini, BLT subsidi gaji tahap dua disalurkan ke 1,6 juta pekerja dari total 2,4 juta pekerja. BLT subsidi gaji ditransfer ke rekening bank Himbara, yaitu Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Khusus di Aceh melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

Nah untuk mengecek penerima BLT subsidi gaji, para pekerja bisa mengetahuinya lewat HP. Begini caranya:

1. Mengecek penerima BLT subsidi gaji lewat HP melalui BPJS Ketenagakerjaan

- Kunjungi bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

- Lihat di bagian bawah, akan ada bagian cek penerima BSU

- Isi data yang diminta meliputi NIK, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel terbaru dan email

- Setelah data lengkap diisi, klik lanjutkan

- Apabila Anda terdaftar sebagai penerima BSU, keterangan yang muncul sebagai berikut: Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU, untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.

2. Mengecek penerima BLT subsidi gaji lewat HP melalui Kemnaker

- Kunjungi website kemnaker.go.id

- Daftar Akun

Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

-Masuk

Login kedalam akun Anda.

• Lengkapi Profil

Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

- Cek Notifikasi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar berikut.

• Tahap 1 Calon

Terdaftar

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

• Tahap 2 Penetapan

Ditetapkan

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah.

• Tahap 3 Penyaluran

Tersalurkan ke Rekening Anda

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila dana Bantuan Subsidi Upah telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh). Penyaluran melalui PT Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.

Data calon penerima Bantuan Subsidi Gaji/Upah berasal dari BPJS Ketenagakerjaan. Lebih lanjut mengenai informasi kriteria, mekanisme dan tata cara BSU 2022 dapat dilihat pada Permenaker No. 10 Tahun 2022.

Bank Penyalur

Jika Anda memiliki rekening Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh), maka dana BSU 2022 akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini