Share

Tarif 5 Jalan Tol Ini Akan Naik, Ini Daftarnya

Suparjo Ramalan, iNews · Jum'at 30 September 2022 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 320 2677993 tarif-5-jalan-tol-ini-akan-naik-ini-daftarnya-4XZDoBN0vM.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone/Jasa Marga)

JAKARTA - Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto memastikan ada penyesuaian tarif di lima ruas tol yang dioperasikan perseroan. Adapun lima ruas tol tersebut adalah Pekanbaru-Pangkalan, Taba Penanjung-Bengkulu, Palembang-Indralaya, dan Aceh-Sigli.

Langkah penyesuaian tarif lima ruas Tol Trans Sumatera, kata Budi, masih dalam tahap koordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Sudah jadi ada beberapa (ruas tol) yang baru ini, sudah tahap pembicaraan dengan BPJT, ada 5 ruas," ungkap Budi saat ditemui wartawan di Kantor Kementerian BUMN, dikutip Jumat (30/9/2022).

Budi enggan merinci kapan pemberlakuan tarif tol dilakukan. Meski begitu, dia memastikan bahwa penyesuaian akan dilakukan berdasarkan waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Sesuai dengan jadwal peraturan jalan tol," tuturnya.

Di lain sisi, Hutama Karya juga akan melepaskan atau mendivestasikan tiga ruas jalan tol kepada Indonesia Investment Authority (INA). Adapun anggaran yang dibidik sebesar Rp 34 triliun.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Budi mengatakan hasil divestasi tiga ruas tol akan digunakan untuk membiayai ruas tol lainnya yang sudah dibangun hingga membayar sebagian pinjaman atau utang perusahaan.

"Pendapatan dari aset recycle ini akan digunakan untuk menurunkan pinjaman yang telah dilakukan Hutama Karya, dan untuk membiayai ruas-ruas yang sudah dibangun," kata dia.

Adapun tiga ruas tol yang akan didevestasikan adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Medan-Binjai.

Hutama Karya dan INA pun telah menyepakati pelepasan tot tersebut. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA). Budi memastikan proses pelepasan akan rampung pada akhir tahun ini.

"Kami sudah dengan INA sepakat untuk tiga ruas (tol), sementara itu, Insya Allah akhir tahun deal dan kami terima revenue," ucapnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini