Share

4 Fakta Aspal Harta Karun Buton, Jokowi Ingin Stop Impor

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 02 Oktober 2022 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 320 2678901 4-fakta-aspal-harta-karun-buton-jokowi-ingin-stop-impor-gqBnxGiAww.jpg Jokowi ingin stop impor aspal (Foto: Setkab)

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kembali bangkit sebagai wilayah industri penghasil aspal dengan memanfaatkan potensi besar yang dimiliki.

"Ini ada potensi besar di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu aspal, tambang aspal di Kabupaten Buton, yang problem adalah kita ini malah impor sampai kurang lebih 5 juta ton per tahun. Di sini produksi malah tidak jalankan, impor terus," ucap Presiden usai meninjau pabrik aspal di PT Wika Bitumen, Kabupaten Buton.

Berikut fakta harta karun Buton yang dirangkum Okezone di Jakarta, Minggu (2/10/2022).

1. Eksplorasi ke Berbagai Wilayah Berpotensi di Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan akan terus melakukan eksplorasi ke berbagai wilayah berpotensi di Indonesia untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas).

“Kita akan terus melakukan eksplorasi ke wilayah- wilayah yang memiliki potensi sumber daya minyak dan gas,” ujar Arifin dalam Konferensi Pers : Nota Keuangan dan RUU APBN 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

2. Langkah untuk Meningkatkan Produksi

Dia mengatakan eksplorasi ini adalah langkah untuk meningkatkan produksi di tengah menurunnya produktivitas sumur-sumur minyak yang sudah tua. Menurutnya, untuk menghasilkan minyak dan gas dari potensi yang ada memerlukan waktu yang lama, sehingga eksplorasi ini ditujukan untuk jangka panjang.

“Dari segi minyak memang tendensi sumur-sumur yang sudah tua menurun, kita harus bisa mengupayakan menjaga level produksi dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan produksi,” ujar Arifin.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

3. Indonesia Masih Terus Melakukan Impor Aspal

Kepala Negara menyayangkan jika selama ini Indonesia masih terus melakukan impor aspal. Presiden pun menginstruksikan jajarannya untuk membangkitkan kembali dan menciptakan hilirisasi industri aspal agar mendapatkan nilai tambah.

“Kemarin saya bicara dengan menteri, hari ini kita lihat lapangan, dan lewat kajian dan kita harapkan ada industrial down streaming di sini, ada hilirisasi di sini. Pabrik-pabrik dan industri semuanya berjalan, tidak hanya mengambil raw material-nya saja sehingga tidak ada nilai tambah, enggak, stop,” imbuhnya.

4. Jokowi Putuskan Stop Impor Aspal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetop impor aspal. Hal tersebut dikarenakan potensi aspal yang ada di Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara dinilai sangat besar, namun kegiatan produksinya tidak berjalan.

“Sehingga tadi sudah kita putuskan, dua tahun lagi, tidak ada impor aspal,” tegas Presiden dalam keterangannya Selasa (27/9/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini