Share

Ini Dia Kelebihan Kekurangan Kerja di Indomaret

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 08 Oktober 2022 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 622 2682978 ini-dia-kelebihan-kekurangan-kerja-di-indomaret-FcERwD0uh0.jpg Keuntungan dan Kekurangan Kerja di Indomaret (Foto: Okezone)

JAKARTA- Ini dia kelebihan kekurangan kerja di Indomaret yang wajib diketahui para calon pelamar pekerjaan. Sebagai salah satu ritel besar tentu banyak orang yang ingin merasakan menjadi karyawan di perusahaan sudah ada sejak 1988.

Indomaret

Jaringan ritel waralaba satu ini ada di bawah naungan PT Indomarco Prismatama. Perkembangannya yang sangat pesat ini membuat Indomaret terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Bahkan, per Agustus 2022 tercatat ada 20.518 jumlah gerai yang tersebar dipenjuru Indonesia. Sebagian besar pasokan barang dagangnya pun berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Perlu diketahui, setiap pekerjaan tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu pula dengan menjadi karyawan Indomaret.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan kerja di Indomaret? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan okezone berikut ini.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

1. Kelebihan Bekerja di Indomaret:

-Gaji menyesuaikan UMK dan dapat bertambah tergantung naiknya jabatan

-Pekerjaan lebih utamakan tenaga sehingga tak banyak pikiran

Banyak benefit lain selain gaji, seperti: BPJS ketenagakerjaan, tunjangan/tabungan hari tua, dapat diskon belanja sebulan sekali

-Sistem kerja shift yang terbagi dalam 3 shift, yakni shift 1: 07.00 – 15.00; shift 2: 15.00 – 23.00; dan shift 3: 23.00 – 07.00.

-Tempat kerja nyaman, ber-AC dan bersih 

2. Kekurangan Bekerja di Indomaret

-Jam kerja yang ketat

-Jika bertugas sebagai penjual atau kasir di Indomaret, jangan harap bisa pulang tepat waktu. Sebab, harus mengisi kertas, menghitung satu shift, menghitung lemari, membersihkan toko sebelum pulang, dan lain-lain.

-Gaji kerap kali dikurangi

Hal satu ini memang sudah menjadi rahasia umum. Hal ini kerap dirasakan kasir kasir, sebab jika jumlah nominal penjualan tidak sesuai dengan sistem, maka perlu diganti dengan uang pribadi. Hal ini juga berlaku jika barang hilang selama pemeriksaan barang.

-Begadang untuk Stock Opname/penghitungan barang

Para pegawai Indomaret kerap merasakan begadang untuk stock opname. Ya, mereka akan menghitung dan membandingkan stok yang ada dengan database Indomaret. Perhitungan dilakukan dari waktu tutup (sore) hingga pagi (buka), sehingga pekerjaan kerap langsung dilanjutkan.

-Penyesuaian harga yang ada

Tak jarang seluruh pegawai di luar jam kerja melakukan penyesuaian harga. Penyesuaian ini memerlukan waktu berjam-jam untuk mengubah harga semua item yang ditampilkan.

-Lebih sabar menghadapi konsumen

Kerja di Indomaret tentu berjumpa dengan konsumen yang beragam.  Para pegawai dituntut bersikap baik dalam melayani mereka.

-Dituntut loyal tanpa batas

Dari jam buka hingga perubahan SO dan harga, semuanya dilakukan di luar jam kerja secara gratis tanpa bonus. Waktu kerja yang terhitung 9 jam, ditambah tidak akan mendapatkan apa-apa meskipun bekerja lembur.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini