Share

Investasi Rp14 Triliun, Amazon Milik Orang Terkaya Dunia Pakai Kendaraan Listrik

Clara Amelia, Okezone · Selasa 11 Oktober 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 320 2684694 investasi-rp14-triliun-amazon-milik-orang-terkaya-dunia-pakai-kendaraan-listrik-cMawL0fF9N.png Investasi Amazon untuk Armada Kendaraan Listrik. (Foto: okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Amazon menyiapkan dana investasi USD970 juta atau setara Rp14 triliun (kurs Rp15.366 per USD) untuk menyiapkan armada kendaraan listrik.

Armada kendaraan listrik Amazon akan meningkat setidaknya 10.000 van pengiriman listrik pada 2025 atau naik dari 3.000 yang sudah beroperasi, dan lebih dari 1.500 truk listrik.

Ini adalah bagian tujuan Amazon untuk menghasilkan emisi karbon nol bersih pada tahun 2040. Demikian dilansir dari CNN.com, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: Menhub Upayakan Subsidi Motor Listrik, Dapat Potongan Rp5 Juta

Amazon pun berharap pengiriman paket bakal lebih banyak melalui sepeda e-cargo dan berjalan kaki menggunakan stasiun pengiriman yang berlokasi di pusat yang disebut "hub mobilitas mikro." Di mana perusahaan Jeff Bezos ini telah mengoperasikan hub semacam itu di 20 kota besar Eropa, termasuk London, Munich dan Paris.

“Di kota-kota Eropa yang secara tradisional padat, hub memungkinkan Amazon untuk mengoperasikan metode pengiriman baru untuk membawa paket ke pelanggan secara lebih berkelanjutan,” tulis pernyataan Amazon.

Amazon pun akan menggandakan jumlah hub tersebut pada akhir 2025.

Baca Juga: Gaikindo Ungkap Tantangan Kendaraan Listrik Indonesia, Harganya Belum Terjangkau

Amazon mengungkapkan bahwa investasi ini untuk mendorong inovasi di seluruh industri dan mendorong lebih banyak infrastruktur pengisian daya di masyarakat yang akan memungkinkan industri transportasi yang lebih luas untuk lebih cepat mengurangi emisi.

“Jaringan transportasi kami adalah salah satu area paling menantang dalam bisnis kami untuk dekarbonisasi, dan untuk mencapai nol karbon akan membutuhkan investasi yang substansial dan berkelanjutan,” kata CEO Amazon Andy Jassy.

“Mengerahkan ribuan van listrik, truk jarak jauh, dan sepeda akan membantu kita beralih lebih jauh dari bahan bakar fosil tradisional,” tambahnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Banyak pembuat mobil meningkatkan rencana produksi untuk kendaraan pengiriman listrik. Salah satunya adalah truk listrik pemula Rivian, di mana Amazon adalah investor awal utama.

Rivian mengumumkan bulan lalu bahwa mereka telah menandatangani “memorandum of understanding” dengan Mercedes untuk bekerja sama dalam produksi van listrik di Eropa.

Kendaraan pengiriman, yang menjalankan rute pendek dengan jadwal reguler, relatif mudah diisi ulang penuh setiap malam di gudang atau depot perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini