Share

BRI Jadi Bank BUMN Pertama yang Jadi BO Valas Kementerian

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 01 November 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 320 2698790 bri-jadi-bank-bumn-pertama-yang-jadi-bo-valas-kementerian-i0XF199LUs.jpg BRI Jadi Bank BUMN Pertama yang BO Valuta Kementerian. (Foto: Okezone.com/BRI)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi bank BUMN pertama yang menjadi Bank Operasional (BO) Valuta Asing. Hal ini ditandai dengan kerjasama penyaluran Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) valuta asing melalui Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

Adapun penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani oleh Direktur Utama BRI Sunarso dengan Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto pada Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Jadi Akselerator Pengurangan Emisi Karbon, BRI bersama PLN Resmikan SPKLU di Jakarta

Melalui kerja sama tersebut, BRI resmi menjadi mitra perbankan yang memberikan layanan, termasuk menyalurkan dana APBN kepada Satuan Kerja (Satker) pemerintah di luar negeri.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang di Bank BRI Secara Online

Sunarso mengatakan, penggunaan BO Valas mampu mengakselerasi transaksi satker pemerintah ke luar negeri dan juga dapat mendukung efisiensi biaya transfer dari setiap transaksi pemerintah yang dilakukan.

“Dengan dukungan lebih dari 1.000 bank koresponden di seluruh dunia, BRI yakin dapat menghadirkan pelayanan yang unggul dengan berbagai kemudahan,” ungkap Sunarso, dikutip Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Keuntungan lain dari kerja sama tersebut yakni satker dapat melakukan transaksi lebih cepat, efisien, dan aman karena tidak perlu melakukan pengambilan dana di negara lain.

Selain memiliki 9.000 branch office yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, saat ini BRI juga beroperasi melalui Unit Kerja Luar Negeri (UKLN) tersebar di Singapura, Taiwan, New York, Timor Leste, Hongkong dan Cayman Island.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini