Share

Paparkan Strategi Industrialisasi RI di B20 Summit, Luhut: Inilah Indonesia Baru

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Minggu 13 November 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 320 2706500 paparkan-strategi-industrialisasi-ri-di-b20-summit-luhut-inilah-indonesia-baru-GIHA9jHZ8M.jpg Luhut Soal Industrialisasi Indonesia hingga 2030. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjabatkan strategi industrialisasi Indonesia hingga 2030 di depan para undangan negara G20 pada agenda B20 Summit.

Hingga 2030, kata Luhut, ada tiga target Capaian utama, pertama adalah pengimplementasian industri hijau, pendapatan per kapita masyarakat tembus USD10.000, hingga mereduksi setidaknya 29% pelepasan karbon.

Baca Juga: Negara G20 Tingkatkan Skill Pekerja, Begini Strateginya

"Jadi jika ada negara yang melihat Indonesia delapan tahun yang lalu, lupakan. Inilah Indonesia, Indonesia Baru," kata Luhut dalam pidato dikutip melalui kanal YouTube B20 Indonesia 2020, Minggu (13/11/2022).

Lebih lanjut Luhut memaparkan, saat ini hal tersebut dapat diwujudkan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki. Misalnya penghasil CPO terbesar di dunia, cadangan bauksit terbesar ke 6 di dunia, mempunyai cadangan nikel yang banyak, gas alam, hingga cadangan timah terbesar di dunia.

"Jika Anda melihat komoditas ini, bahwa kami memiliki banyak komoditas yang potensial di sini, kelimpahan komoditas yang sangat strategis," lanjutnya.

Baca Juga: Isu Perubahan Iklim di G20, Pemerintah Sebut Banyak Negara Maju Sulit Tekan Emisi karena Tak Punya Hutan

Selain itu Luhut juga memaparkan sektor-sektor yang akan berubah setidaknya hingga tahun 2030. Sektor energi, Indonesia akan menggunakan pembangkit listrik tenaga air, memanfaatkan tenaga matahari, geotermal, hingga meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Selanjutnya di sektor transportasi, transisi untuk menggunakan kendaraan berbasis listrik, pengoptimalan transportasi publik, hingga penggunaan bahan bakar berkelanjutan melalui bio disel.

Follow Berita Okezone di Google News

Sektor industri akan menerapkan ekonomi sirkular, green industrial park, penggunaan plastik daur ulang, penggunaan bahan kimia berkelanjutan dan penerapan green building untuk perkantoran dan industri.

Sedangkan sektor pertanian transisi dilakukan untuk pertanian kimia dan penerapan bio teknologi, pengelola air dan lahan untuk pertanian, pembudidayaan tanaman holtikultura, pengelolaan limbah makanan sisa, hingga penerapan teknologi pertanian digital dan memperkuat suply chain.

"Ini juga isu yang kita targetkan,kita bergerak sangat cepat dalam hal ini," pungkas Luhut.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini