Share

B20 Summit 2022 Resmi Ditutup, Jokowi Titip soal UMKM ke India

Indah Mulyani, MNC Portal · Senin 14 November 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 320 2707381 b20-summit-2022-resmi-ditutup-jokowi-titip-soal-umkm-ke-india-tUo7Ns9Pz0.JPG Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keynote speech dalam penutupan B20 Summit 2022, yang digelar dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua Bali, sore ini, Senin (14/11/2022).

Pada kesempatan itu Jokowi menyinggung masalah digitalisasi untuk membesarkan peran UMKM pada perekonomian dunia. Untuk itu Jokowi menitip pesan pada Presidensi B20 selanjutnya yang dipegang India untuk tetap memperhatikan masalah UMKM.

 BACA JUGA:Jokowi Minta Dukungan PM Jepang agar Proyek MRT Selesai Tepat Waktu

"Tiga tahun ini Indonesia berusaha membawa usaha mikro masuk ke platform digital dan ada 19 juta UKM sudah go digital. Target di 2024, ada 30 juta UKM go digital. Hal ini tidak terlepas karena peran UMKM sangat penting bagi perekonomian," ujar Jokowi seperti dikutip dari seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Negara.

Jokowi mengingatkan peserta B20 Summit dimana forum tersebut bisa bersinergi solid saat melewati badai pandemi. Tapi masalah tak sampai di situ karena saat ini ada sejumlah hal besar yang dihadapi dunia.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Sekitar 10 bulan selepas pandemi, dunia pun dihadapkan dengan sejumlah masalah terkait ketegangan geopolitik, krisis energi hingga pangan, juga krisis keuangan. Tapi yang patut disyukuri, ekonomi kuartal II Indonesia tumbuh 5,4%," ungkap Jokowi.

B20 Summit yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia berlangsung selamadua hari, mulai dari 13-14 November 2022 dan dihadiri sekitar 3.300 orang, mencakup 2.000 pimpinan negara, CEO, dan segenap pemimpin bisnis dari berbagai perusahaan multinasional 40 negara.

Di mana pada awal sambutan sesi summit closing, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, selama Presidensi tahun ini B20 Indonesia berkomitmen untuk memberikan hasil yang konkrit, dapat ditindaklanjuti untuk dapat diteruskan oleh Presidensi B20 berikutnya sehingga memberikan dampak signifikan bagi negara-negara G20.

"B20 Summit tahun ini berlangsung di tengah gejolak geopolitik yang semakin intensif, serta kekhawatiran bahwa globalisasi telah gagal memberikan keuntungan yang adil. Belum lagi, tantangan perubahan iklim yang tak terbantahkan, yang mungkin merupakan yang paling mendesak dari semuanya. Untuk itu, fokus prioritas B20 Indonesia tahun ini yaitu memajukan pertumbuhan yang inovatif, inklusif, dan kolaboratif," pungkas Arsjad.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini