Share

Deklarasi KTT G20 Hasilkan Keputusan yang Sangat Alot, Apa Itu?

Yulistyo Pratomo, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 320 2708817 deklarasi-ktt-g20-hasilkan-keputusan-yang-sangat-alot-apa-itu-mRTSPyMgTj.jpg Jokowi Ungkap Hasil Deklarasi G20 ada Yang Sangat Alot. (Foto: Okezone.com/Antara)

BALI - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali menghasilkan Deklarasi Para Pemimpin G20 atau komunike. Deklarasi dituangkan ke 52 poin yang disetujui bersama melalui konsensus dengan seluruh negara-negara anggota.

Hanya saja, ada satu paragraf yang sangat alot untuk dibahas bersama-sama. Bahasan itu terkait dengan tanggapan atas perang yang terjadi di Ukraina.

Baca Juga: G20 Bali Leaders Declaration, Jokowi: Ini Deklarasi Pertama yang Dapat Diwujudkan

"Deklarasi terdiri atas 52 paragraf dan paragraf yang sangat diperdebatkan adalah penyikapan terhadap perang di Ukraina," ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Setelah melalui pembahasan yang cukup alot, akhirnya melalui konsensus seluruh negara yang ikut serta menyampaikan persetujuannya. Dengan demikian, G20 menyatakan bahwa Rusia telah melanggar batas wilayah dan integritas negara.

Baca Juga: Ini Pemilik Hotel The Apurva Kempinski Bali Tempat KTT G20, Ada Orang Terkaya RI Berharta Rp17 Triliun

"Perang ini telah mengakibatkan penderitaan masyarakat dan ekonomi global yang masih rapuh akibat pandemi, yang akan menimbulkan risiko krisis pangan, krisis energi dan potensi krisis finansial," terang Jokowi.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti diketahui, pada 24 Februari lalu Presiden Vladimir Putin memutuskan untuk meluncurkan operasi militer di Ukraina. Keputusan itu diambil karena Presiden Volodymyr Oleksandrovych Zelenskiy membuat langkah yang 'meresahkan'.

Hingga kini, perang belum berakhir. Namun Ukraina dilaporkan telah berhasil merebut kembali daerah-daerah yang sempat dikuasai Rusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini