Share

Fakta-Fakta 5 Orang Terkaya Indonesia Pemilik Hotel Mewah, Ada yang Punya Harta Hampir Rp700 Triliun

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Selasa 22 November 2022 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 455 2712314 fakta-fakta-5-orang-terkaya-indonesia-pemilik-hotel-mewah-ada-yang-punya-harta-hampir-rp700-triliun-b69TZMoYP2.JPG Ilustrasi hotel. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Sejumlah hotel mewah di Indonesia ternyata merupakan milik orang terkaya dengan harta kekayaan yang mencengangkan.

Pengusaha hotel terkaya dapat diukur dengan melihat kemewahan gedung dan jumlah karyawan mereka.

Sehingga dari sana terlihat bahwa pendapatan yang dikantongi sang pemilik hotel tentu begitu fantastis.

Dirangkum Okezone, Selasa (22/11/2022), berikut ini fakta soal lima orang terkaya pemilik hotel di Indonesia:

1. Keluarga Hartono

Pemilik grup Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono mulai masuk ke bisnis hotel pada 2004 dengan memenangi lelang pengelolaan hotel Indonesia yang sekarang bernama Hotel Indonesia Kempinski.

Berdasarkan data Forbes, nilai kekayaan Robert Budi Hartono mencapai USD22,8 miliar atau setara Rp342 triliun. Sementara Michael Hartono mengantongi kekayaan sekitar USD21,9 miliar atau setara Rp328,5 triliun.

Untuk hotel yang mereka bangun ada Padma Hotel Bandung, Padma Resort Legian, Padma Resort Ubud, dan The Resinda Karawang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung yang dikenal dengan sebutan si anak singkong atau pemilik CT Corp ini memiliki empat hotel, yaitu The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort Bali, Fashion Hotel, dan Ibis Bandung.

Di mana Trans Luxury Hotel merupakan Hotel bintang lima yang terdiri dari 18 lantai serta memiliki 280 kamar dan suite. Diluncurkan pada 2012, hotel ini sempat membetot perhatian publik Tanah Air.

Dia pun punya kekayaan sebanyak USD5,4 miliar atau Rp81 triliun. Sumber kekayaan terentang mulai dari media, supermarket, bank, dan maskapai penerbangan.

3. Keluarga Ciputra

Keluarga Ciputra masuk sebagai pengusaha RI terkaya pemilik hotel mewah.

Ciputra merupakan pengusaha tulen di bisnis properti, dan juga perhotelan.

Melalui brand Citradream Hotel, Ciputra membangun sejumlah hotel di berbagai kota di Indonesia. Tak kurang dari 12 hotel berserak dari Jakarta hingga Banjarmasin.

Kemudian, Ciputra juga punya hotel mewah di Hanoi, Vietnam. Hotel bernama Pulla Hotel Hanoi itu memiliki jumlah kamar mencapai 240 kamar. Hotel mewah Ciputra lainnya ada di Jakarata yairu, Rafles Ciputra World 1 Jakarta dengan jumlah kamar mewah sebanyak 173 unit.

Dikutip dari Forbes, keluarga Ciputra mengantong kekayaan sekitar USD1,1 miliar atau Rp16,5 triliun dan duduk di posisi 26 sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2021.

4. Keluarga Eka Tjipta Widjaja

Ada pula pemilik Grup Sinar Mas, keluarga Eka Tjipta Widjaja yang menjalankan bisnis hotel di bawah naungan Sinarmas Land, salah satu pengembang properti terbesar di Tanah Air. Sinar Mas Land memiliki hotel mewah berbintang lima yang juga berada di lokasi Thamrin, Jakarta Pusat, yakni Hotel Grand Hyatt.

Diketahui juga bahwa kekayaan keluarga ini mencapai USD9,7 miliar atau Rp145 triliun.

5. Peter Sondakh

Nama bos Rajawali Corpora, Peter Sondakh pun masuk ke dalam jejeran pengusaha RI terkaya pemilik hotel mewah.

Untuk hotel yang berhasil dia genggam adalah St. Regis Bali Resort, The Laguna Resort and Spa, , Four Season Jakarta, The Westin Langkawi, dan St. Regis Langkawi. Nama yang terakhir merupakan sebuah resort bintang lima yang belokasi di Kedah, Malaysia. Penginapan ini dijuluki sebagai "Permata Kedah".

Kini dia memiliki kekayaan sekitar USD1,8 miliar atau setara Rp27 triliun.

Sumber kekayaannya berasal dari sejumlah bisnis, seperti pertambangan dan infrastruktur dan juga perkebunan sawit.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini