Share

Apa Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Jiwa? Simak di Sini

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 22 November 2022 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 622 2712268 apa-perbedaan-asuransi-kesehatan-dan-jiwa-simak-di-sini-LkNztQufS6.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Lifepal)

JAKARTA- Apa perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa menarik dikulik. Asuransi kesehatan dan jiwa merupakan produk polis untuk melindungi Anda dari kejadian tidak terduga.

Kedua asuransi melayani tujuan dan menawarkan pertanggungan berbeda. Kedua asuransi kesehatan dan jiwa ini memang dibutuhkan dan menjadi salah satu investasi besar kedepannya.

Lantas apa perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa? Simak ulasannya. Keduanya memiliki arti berbeda.

Asuransi jiwa membayar sekaligus kepada ahli waris dalam kasus kematian. Fungsi tunjangan kematian harus cukup untuk menggantikan hilangnya pendapatan di masa depan, serta menutupi biaya dan kewajiban yang belum dibayar seperti biaya pemakaman, biaya pengobatan, dan hutang lainnya—atau untuk mendanai rekening tabungan perguruan tinggi atau masa pensiun.

Ini memberikan kesinambungan keuangan keluarga sehingga mereka tidak berjuang, meskipun kehilangan Anda dan kemampuan Anda untuk mendapatkan penghasilan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kenyataannya, banyak orang yang benar-benar membutuhkan kedua jenis perlindungan tersebut, terutama jika mereka memiliki tanggungan. Jika demikian, ide yang lebih baik adalah membatasi pertanggungan pada apa yang benar-benar Anda butuhkan sehingga Anda dapat membeli kedua jenis asuransi tersebut.

Sedangkan suransi kesehatan, di sisi lain, membantu membayar biaya pengobatan seperti kunjungan dokter, rawat inap di rumah sakit, pengobatan, tes, dan prosedur. Ini membantu memastikan bahwa orang dapat membayar perawatan medis dan tetap sehat.

Di Indonesia terdapat lebih dari 300 perusahaan penyedia asuransi. Penting bagi Anda untuk mengetahui lebih detail tentang produk asuransi yang ditawarkan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai asuransi jiwa dan asuransi umum beserta kelebihan dan kekurangannya.

Selain itu, saat membeli asuransi adalah semakin muda kamu mengambil asuransi maka premi yang dibebankan pun akan lebih murah. Tak hanya masalah premi, semakin lanjut usia saat kamu mengambil asuransi bisa jadi manfaat yang diterima juga akan disesuaikan berdasarkan risiko penyakit yang mungkin timbul seiring bertambahnya usia.

 (RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini