Share

Munas HIPMI Ricuh, Wapres: Darah Muda Kadang-Kadang Kurang Terkendali

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713217 munas-hipmi-ricuh-wapres-darah-muda-kadang-kadang-kurang-terkendali-hz2h9zpTbP.jpg Wapres merespons kericuhan di Munas Hipmi (Foto: Setwapres)

JAKARTA – Musyawarah Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas XVII HIPMI) di Solo, Jawa Tengah dinodai aksi ricuh antar peserta. Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin turut merespon adanya kericuhan di acara tersebut.

Wapres menyayangkan adanya kericuhan dalam Munas. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan peringatkan agar menjaga situasi tetap kondusif dan adem.

“Itu saya kira memang ini kan HIPMI itu kan pengusaha muda, itu darah muda itu kadang-kadang seperti itu ya, kurang terkendali. Oleh karena itu, itu sudah diperingatkan oleh Presiden, apalagi kalau tidak diperingatkan, masih diperingatkan saja masih (ricuh),” kata Wapres saat ditanya awak media di sela kunjungan kerja di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/11/2022).

Wapres pun meminta agar para calon pemimpin muda seperti anggota HIPMI ini bisa memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat. “Oleh karena itu kita harus terus memberikan edukasi kepada mereka untuk bisa mengendalikan diri, apalagi mereka kan calon pemimpin.”

“Tetapi saya harap itu apa yang terjadi kemarin itu seperti budaya di NU, di NU itu biasanya itu kalau mau kongres biasanya gegeran, tetapi kalau sudah selesai ger-geran, artinya kan sebelumnya boleh lah dia, tetapi nanti habis itu selesai wassalam,” kata Wapres.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Wapres juga meminta agar kejadian ricuh HIPMI ini tidak berbuntut panjang, mengingat peran pengusaha yang besar di masyarakat. “Saya harapkan begitu, artinya tidak berbuntut ya, kalau berbuntut itu yang bahaya, tapi kalau sudah itu tapi tetap saya mengharap mereka bisa mengendalikan diri, sebagai calon pemimpin ya dan pengusaha yang tentu punya peran besar di masyarakat untuk bisa mengendalikan diri setiap menghadapi setiap perbedaan.”

“Perbedaan itu pasti ada, biasa kita dalam hidup Kalau tidak ada perbedaan itu namanya itu tidak memiliki inisiatif dan kreativitas, tetapi perbedaan itu harus bisa disalurkan secara lebih terhormat sehingga tidak perlu berlebihan sampai terjadi permusuhan,” tegas Wapres.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini