Share

Penyebab PHK Massal Ternyata Bukan Hanya Pelemahan Ekonomi

Minggu 27 November 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 320 2715610 penyebab-phk-massal-ternyata-bukan-hanya-pelemahan-ekonomi-PBRtBGIyCv.jpg Penyebab PHK massal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penyebab PHK massal yang terjadi belakangan ini ternyata bukan hanya karena pelemahan ekonomi. Pergeseran kebutuhan industri diduga menjadi salah satu penyebab PHK massal.

Guru Besar Hukum Ketenagakerjaan Universitas Indonesia (UI), Aloysius Uwiyono mengatakan PHK yang terjadi saat ini bukan hanya disebabkan oleh faktor makro ekonomi saja, namun ditambah adanya pergeseran tren kebutuhan industri terhadap tenaga pekerja.

Aloysius melihat saat ini juga tengah terjadi masa transisi antara penyelesaian pekerjaan secara manual, dengan masuknya teknologi-teknologi baru yang lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan dibandingkan tenaga manusia.

"Antara resesi global dan digitalisasi, itu menggeser para pekerja kita, yang tidak mengerti digitalisasi akan tergeser, kemudian pengaruh resesi global itu juga memang memengaruhi," kata Aloysius kepada MNC Portal, Minggu (27/11/2022).

Menurutnya, semua itu bermuara pada pandemi covid-19, ketika mobilitas dibatasi, perkembangan teknologi digital tumbuh pesat untuk mengakomodir segala pekerjaan dengan lebih efisien.

Dia menilai PHK yang dilakukan karyawan sulit untuk dicegah, sebab perushaan harus realistis menghadapi tantangan yang ada. Sehingga yang seharusnya menjadi katalisator adalah Pemerintah sendiri, harus mulai membaca bagaiamana kebutuhan industri Ketenegakerjaan kerjaan saat ini, dan membuat Inkubator untuk mencetak SDM yang berkualitas.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"PHK tidak bisa dicegah, karena terjadi pergantian digitalisasi untuk banyak pekerjaan, ditambah lagi dengan adanya resesi," lanjutnya.

Aloysius menyarankan agar program JKP (Jaminan Kehilanganmu Pekerjaan), Pra Kerja bisa dioptimalkan agar para korban PHK bisa langsung melakukan peningkatan skill dan kapabilitas untuk menghadapi situasi yang baru ini.

"Satu-satunya jalan adalah program pemerintah tentang JKP, harus dioptimalkan, karena kan PHK tidak bisa dicegah, karena terjadi pergantian (pekerjaan) digitalisasi, dan resesi," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini