Share

Selamat dari Gempa, Sekolah di Cianjur Dibangun dengan Teknologi Konstruksi

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Senin 28 November 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 470 2715824 selamat-dari-gempa-sekolah-di-cianjur-dibangun-dengan-teknologi-konstruksi-iY2IeC6lbt.jpg Sekolah Cianjur tahan gempa (Foto: PUPR)

JAKARTA – Berkat teknologi konstruksi, sekolah di Cianjur berhasil selamat dari gempa. Foto sekolah yang dibangun dengan teknologi RISHA (Rumah Instant Sederhana Sehat Tahan Gempa) di Cianjur, Jawa Barat ini dibagikan oleh Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.

Menurut penjelasan Endra, posisi bangunan sekolah tersebut berada di Kecamatan Cilaku sebelah Kecamatan Cigunang yang menjadi episentrum gempa. Dua sekolah lain yang dibangun dengan Teknologi RISHA yaitu SD Kidang Kencana dan SD Cibantala 1.

"Kami punya pengalaman membangun sekolah dengan Teknologi RISHA yang kondisinya tetap aman pasca gempa 21 Nov 2022 dengan skala 5.6 M di Kab Cianjur," kata Endra melalui pesan tertulisnya, Minggu, 27 November 2022.

Endra juga berpendapat bahwa kondisi bangunan tersebut saat ini terbilang masih berdiri kokoh dibandingkan dengan sekolah lain yang tidak menggunakan teknologi RISHA.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Kondisi struktur dan keseluruhan bangunan aman dari kerusakan pasca gempa. Sekolah lain yang dibangun secara konvensional terindikasi retak cukup parah," lanjut Endra.

Lebih lanjut Endra menjelaskan sekolah tersebut dibangun pada tahun 2020 dengan menggunakan teknologi tahan gempa, karena mempertimbangkan lokasi yang berada pada zona gempa moderate ke atas.

"Beberapa sekolah di Banten, Sulteng, Sulbar, Nias, dan NTB yang rentan bencana juga sudah menerapkan teknologi RISHA," pungkasnya.

Baca selengkapnya: Penampakan Sekolah di Cianjur Berhasil Tahan Gempa Berkat Teknologi Konstruksi

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini