Share

Keren! Satelit Anak Bangsa Indonesia Meluncur Bareng Roket Elon Musk

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Selasa 29 November 2022 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 320 2716844 keren-satelit-anak-bangsa-indonesia-meluncur-bareng-roket-elon-musk-F0SaJjyRog.JPG Satelit anak bangsa meluncur bareng roket Elon Musk. (Foto: BRIN)

JAKARTA - Satelit Nano bernama Sursa Satellite-1 (SS-1) yang merupakan karya anak bangsa resmi meluncur bersama roket milik orang terkaya di dunia Elon Musk.

Dikutip dari akun Instagram resmi @brind_indonesia, SS-1 berhasil diluncurkan menggunakan roket dari SpaceX Falcon 9 CRS-26.

Di mana roket tersebut mengemban misi membawa muatan termasuk satelit SS-1 menuju International Space Station (ISS).

Kini roket tersebut telah diluncurkan setelah terjadi penundaan peluncuran beberapa hari yang lalu karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

 BACA JUGA:Luncurkan Roket SpaceX di Indonesia, Ini Kata Elon Musk

Adapun misi dari SS-1 sendiri adalah Automatic Packet Reporting System yang berfungsi sebagai media komunikasi via satelit dalam bentuk teks singkat.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Teknologi ini dapat dikembangkan untuk mitigasi bencana, pemantauan jarak jauh, serta komunikasi darurat," tulis akun tersebut.

Diketahui, SS1 dikembangkan oleh Surya University dengan dukungan dan supervisi dari ahli pusat riset teknologi satelit, BRIN.

Proyek ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Organisasi Amatir Radio Indonesia, PT Pudak Scientific, PT Pasifik Satelit Nusantara dan pemangku kepentingan lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini