Share

UMKM Bisa Selamatkan Ekonomi RI dari Ancaman Resesi 2023?

Clara Amelia, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 320 2722270 umkm-bisa-selamatkan-ekonomi-ri-dari-ancaman-resesi-2023-gAgSbNEPI2.jfif Sandiaga Uno Yakin UMKM Bisa Kurangi Pengangguran di 2023. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini bahwa UMKM di 2023 dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru bagi masyarkaat.

"Tahun 2023 justru menaikkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan hanya mengenai cuan, tetapi bisa menghadirkan peluang usaha serta lapangan kerja bagi Bangsa Indonesia," ujar Sandiaga, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi, UMKM Diminta 'Gesit' Kerja Sama dengan Ritel Modern

"Saya menyarankan '3Si' inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," sambungnya.

Dirinya juga memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar mereka optimis menghadapi tantangan resesi perekonomian.

Baca Juga: Libatkan UMKM di Proyek Infrastruktur, Menteri Basuki: Jangan Impor

"Hari ini kita akan bahas jurus jitu bisnis bisa cuan di tahun 2023, tentunya ini perlu kita sikapi dengan global resesi Indonesia yang masih bertumbuh. Oleh karena itu tema ini menjadi sangat spesial," kata Sandiaga.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Di sisi lain, Sandiaga menilai bahwa pelaku usaha dapat menghadirkan sektor unggulan. Dikarenakan perubahan konsumen akan tetap membeli produk yang memiliki kualitas sesuai kebutuhan.

"Pesan kepada pelaku usaha, yaitu tiga sektor unggulan yang saya rekomendasi, pertama semua yang berkaitan dengan digitalisasi. Kedua fokus di kesehatan. Ketiga semua akan fokus pada kelestarian lingkungan hidup yang akan memberikan dampak secara signifikan," tutur Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini