Share

Penyaluran BLT BBM Tahap 2 Capai 66%, Sudah Terima Belum?

Antara, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 320 2723853 penyaluran-blt-bbm-tahap-2-capai-66-sudah-terima-belum-mY0zOY2ij7.jpg Realisasi Penyaluran BLT BBM hingga PKH. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Realisasi penyaluran BLT BBM tahap 2, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah lebih dari 60%.

Executive Vice President Regional 1 PT Pos Indonesia Dino Ariyadi mengatakan, penyaluran BLT BBM tahap 2 sebesar 66,31%, PKH 67,24% dan BPNT 66,72% dari 21 hingga 28 November 2022.

Capaian tersebut meliputi wilayah Regional 1 yaitu Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatra Selatan dan Bangka Belitung.

Baca Juga: BLT BBM Cair ke Tukang Parkir hingga Driver Ojol

"Percepatan penyaluran berjalan relatif lancar tanpa kendala berarti. Sebab, PT Pos Indonesia sebelumnya telah berpengalaman menyalurkan sejumlah bantuan. Penyaluran relatif lancar," kata Dino, dikutip dari Antara, Jumat (9/12/2022).

Realisasi serupa juga dicapai di wilayah Regional 5 yang meliputi Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT dengan penyaluran total BLT BBM tahap 2, PKH, dan PBNT 57,8%.

Baca Juga: BLT UMKM, Masuk Daftar Bansos yang Cair Desember 2022

"Tersisa 1,9 juta penerima dari total alokasi 2,6 juta," kata EVP Regional 5 Jatim Bali Nusra PT Pos Indonesia Kiagus Muhammad Amran.

Untuk percepatan penyaluran BLT BBM, PT Pos Indonesia menerapkan tiga metode yaitu disalurkan melalui kantor pos, komunitas, dan diantarkan langsung ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berusia lansia atau sedang sakit. Penyaluran BLT BBM tahap 2 diberikan kepada 20,65 juta KPM periode November-Desember sebesar Rp300 ribu.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Bantuan PKH untuk triwulan IV diberikan kepada 10 juta KPM. Besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200 ribu hingga Rp3 jutaan bergantung hak penerima dan BPNT (bansos sembako) disalurkan kepada 18,8 juta KPM untuk triwulan IV sebesar Rp200 ribu.

"Strategi kami menyiapkan sejak awal. Mulai dari jadwal penyaluran hingga ke daerah 3T dan menyiapkan tenaga juru bayar. Belajar dari pengalaman sebelumnya dan dengan keterbatasan waktu, kami menyiapkan tim tertentu. Ada daerah 3T yang memerlukan lebih dari satu moda transportasi, naik perahu/kapal laut, transportasi darat,” ucap Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini