Share

BLT BBM Cair ke Tukang Parkir hingga Driver Ojol

Antara, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 320 2723849 blt-bbm-cair-ke-tukang-parkir-hingga-driver-ojol-F2M0oSeXTo.jpg BLT BBM Cair Tahap 2. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - BLT BBM cair untuk juru parkir, pengemudi ojek dalam jaringan serta subsidi sektor transportasi angkutan umum. Bantuan ini diberikan untuk membantu masyarakat terdampak kenaikan harga BBM.

"Pemberian bantuan ini untuk pelaku sektor transportasi umum yang memiliki KTP Kota Batu," ujar Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, dikutip dari Antara, Jumat (9/12/2022).

Punjul menjelaskan, teknis penyaluran BLT tersebut melalui fasilitas Virtual Account dari Bank Jatim kepada masing-masing penerima bantuan, dengan total penerima sebanyak 978 orang dan besar total anggaran mencapai Rp586,8 juta.

Baca Juga: BLT UMKM, Masuk Daftar Bansos yang Cair Desember 2022

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan kepada masing-masing penerima sebesar Rp600 ribu. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 291 sopir angkutan umum, 414 pengemudi ojek pangkalan dan 273 ojek daring.

"Saya berharap dengan pembagian bantuan sosial ini dapat membantu meringankan beban ekonomi dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Chilman Suaidi mengatakan para penerima bantuan tersebut sebelumnya telah dilakukan pendataan dan verifikasi oleh petugas.

Baca Juga: Cek Ya! BLT UMKM Rp600.000 Cair, Berikut Syaratnya

"Mekanismenya menggunakan Virtual Account dari Bank Jatim sehingga Dishub tidak memegang uang dan langsung ke penerima bantuan. Diberikan waktu 10 hari untuk mengambil uang tersebut melalui Bank Jatim," ujarnya.

Chilman menjelaskan bahwa dengan menggunakan antrean dan sistem sif serta fasilitas virtual account, diharapkan bisa mengurangi antrian dan penumpukan. Pemberian BLT ini direncanakan berlangsung hingga malam hari.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa waktu yang lalu pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait penyesuaian harga BBM. Salah satu dampak yang diperkirakan dengan adanya kenaikan BBM tersebut adalah kekhawatiran adanya inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhambat.

Hal itu dikarenakan karena dampak kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi akibat komponen biaya yang naik. Sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang terdampak kenaikan harga BBM tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 134/PMK.07/2022 Pasal 2, menyatakan bahwa untuk mendukung program penanganan dampak inflasi, Daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial untuk pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum.

Pemerintah Kota Batu telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Batu Nomor 188.45/380/KEP/422.012/2022 tentang Pemberian Bansos Kepada Sektor Transportasi Umum di Wilayah Kota Batu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini