Share

4 Tips Mengelola Keuangan Selama Ramadhan agar Kantong Tetap Aman

Cahya Puteri Abdi Rabbi, MNC Portal · Jum'at 24 Maret 2023 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 24 622 2786532 4-tips-mengelola-keuangan-selama-ramadhan-agar-kantong-tetap-aman-1noBzH1X5B.jpeg Tips mengelola keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tips mengelola keuangan selama Ramadhan agar kantong tetap aman. Strategi mengatur keuangan selama bulan suci ini harus dipersiapkan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun membagikan 4 tips mengelola keuangan selama bulan Ramadhan. Selama Ramadhan, biasanya banyak pengeluaran tambahan yang diperuntukkan bagi sejumlah kepentingan, seperti acara buka puasa bersama atau bukber, memenuhi ajakan sahur on the road, pengeluaran untuk membeli baju lebaran dan juga tunjangan hari raya (THR) kepada sanak keluarga.

Berikut adalah empat tips mengelola keuangan dari OJK yang dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (24/3/2023).

1. Buat Rencana Keuangan

Untuk mengelola keuangan yakni dengan membuat rencana keuangan. OJK mengimbau masyarakat untuk menyusun alokasi pengeluaran selama bulan Ramadhan.

“Seperti belanja sahur, buka puasa, THR, sedekah, zakat dan kebutuhan lebaran,” tulis OJK.

2. Jangan Ajukan Pinjaman

OJK mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman jika tidak mampu melunasi. Dalam hal ini, OJK menyarankan untuk tidak menggunakan layanan PayLater atau pinjaman online (pinjol) untuk kebutuhan yang konsumtif.

“Gunakan jika terpaksa dan memang sanggup untuk dilunasi,” kata OJK.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Jangan Beli yang Tidak Dibutuhkan

Menahan godaan belanja barang yang tidak dibutuhkan. OJK menyebut, diskon besar memang menjadi godaan terberat. Namun, masyarakat disarankan untuk berbelanja hanya untuk kebutuhan sesuai rencana yang sudah disusun.

4. Disiplin Keuangan

OJK merekomendasikan masyarakat untuk mencatat dan disiplin terhadap rencana pengeluaran. Hal itu dilakukan agar pengeluaran dapat dipantau dan diatur. Disiplin terhadap rencana keuangan yang telah disusun juga dapat membantu masyarakat untuk mengatur keuangannya selama bulan Ramadhan ini.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini