Kemenkeu : Pegawai Honorer Tidak Memenuhi Kualifikasi

Rabu, 24 Agustus 2011 08:37 wib | Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi JAKARTA - Pemerintah akan melakukan moratorium Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sampai Desember 2012 dan digantikan dengan tenaga honorer. Namun tenaga honorer banyak yang tidak memenuhi kualifikasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Mulya P Nasution mengatakan keberadaan pegawai honorer sudah tidak tepat lagi saat ini.

"Dulu keberadaan honorer benar-benar sudah memenuhi persyaratan kualifikasi, kemudian masuknya bersaing. Tapi (sekarang), yang terjadi, honorer itu malah dari kerabat kantor yang asal-usulnya tidak jelas," ungkapnya kala ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (23/8/2011) malam.

Karenanya, sejalan dengan reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah, dia mengungkapkan Kementerian Keuangan tak lagi menerima pegawai honorer sejak 2007 lalu. "Karena kita ingin meningkatkan kualitas," tambahnya.

Dia melanjutkan, ada juga beberapa honorer yang tersisa di Kementerian Keuangan, namun Mulya memberikan tanda mereka tidak diangkat menjadi PNS. "Ada beberapa yang lama dan itu tidak diangkat," kata Mulya.

Terkait instruksi Presiden untuk tetap menggunakan tenaga honorer, Mulya menilai, pernyataan tersebut mengarah kepada lembaga yang butuh keahlian seperti pendidik dan perawat. "Kita tidak ada masalah untuk kebutuhan pengangkatan mereka," tukas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah menyetop penerimaan CPNS selama 16 bulan dimulai September 2011 dan berakhir pada Desember 2012, namun moratorium tidak berlaku pada pegawai honorer.

Atas instruksi langsung dari presiden, pegawai honorer diperbolehkan hanya untuk Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan. Sementara untuk yang lain harus mengajukan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN). (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป