nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakertrans Minta Pengusaha Kembangkan Transmigrasi

Candra Setya Santoso, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2010 19:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 02 10 320 302432 t4SRadA5V3.jpg Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meminta kalangan dunia usaha membantu dan mengembangkan kewirausahaan di daerah transmigrasi.

Dengan adanya sinergi antara dunia usaha, pemerintah baik pusat dan daerah, serta wirausahawan dari kalangan transmigran, akan tercipta pemerataan ekonomi di daerah-daerah.

"Saya mengajak para pengusaha untuk berbagi pengalaman dengan transmigran atas keberhasilan mereka, sekaligus membantu transmigran mengembangkan usahanya," ujar Muhaimin, dalam keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta, Rabu (10/2/2010).

Menakertrans mengingatkan kalangan dunia usaha agar sadar bahwa mereka juga bertanggungjawab mengembangkan perekonomian nasional. Tanggung jawab itu bisa diwujudkan, salah satunya dengan membantu mengembangkan perekonomian di daerah-daerah transmigrasi.

"Tujuan kegiatan ini adalah membangun sinergitas pengusaha, wirausahawan dan calon wirausahawan dari tanah transmigran. Kita harus mengubah mindset tentang transmigrasi, dari yang tadinya sekadar mengirimkan petani atau peladang ke daerah kosong, menjadi program penyebaran calon wirausahawan di daerah-daerah transmigrasi,” kata Menakertrans.

Sementara itu, pemerhati kewirausahaan Rhenald Kasali yang juga hadir sebagai pembicara di acara itu mengatakan, jika transmigran diberikan peluang untuk lebih berkembang sebagai wirausahawan, maka dalam lima tahun ke depan masyarakat bisa dikejutkan dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah transmigrasi.

Menurutnya, banyak potensi wirausaha yang masih tersembunyi, karena tidak ada kesempatan untuk terlihat keluar. Menjadi tugas para pemegang kebijakan untuk memberikan mereka kesempatan dan membuat forum-forum semacam ini.

"Contoh yang bagus adalah keterkejutan para juri american idol, yang menemukan banyak potensi yang tersembunyi dari para kontestan. Nah, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini bertugas sebagai juri, dan memberi semua orang kesempatan yang sama untuk tampil, dalam hal ini berwirausaha,” ujar Rhenald.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini