Pertumbuhan Ekonomi di Sumbar Naik 6,7%

Rus Akbar, Jurnalis · Rabu 07 September 2011 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 07 20 499853 ZgLMeN2Ugn.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

PADANG - Kegiatan usaha rakyat Sumatera Barat (Sumbar) kembali bergairah. Pascabencana 2009, pertumbuhan ekonomi hanya bergerak sebanyak empat persen saja. Memasuki 2010, ekonomi Sumbar menanjak 6,7 persen.

"Kenaikan pertumbuhan ekonomi ini menandakan masyarakat telah kembali bergairah dalam melakukan kegiatan usaha dan meningkatkan kembali produksi-produksi dalam berbagai jenis usaha,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Gubernuran, Jalan Jendral Sudirman Padang, Rabu (7/9/2011).

Pertumbuhan ekonomi ini, kata Irwan, sebagai wujud dari program Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP). Dari sini masyarakat secara perlahan-lahan memperlihatkan hasil dari beberapa kelompok tani yang terus bersungguh-sungguh mengembangkan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Selain itu penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai salah faktor pertumbuhan ekonomi, bahkan secara nasional Sumbar berada pada ranking tujuh pengembalian modal usaha tersebut,” ujarnya.

 

Dia bangga dengan pertumbuhan ekonomi ini, dan rencana untuk tahun ini akan kembali berusahan menaikkan pertumbuhan ini setidaknya berada di posisi tujuh persen.

“Pertumbuhan ekonomi ini juga mempengaruhi penurunan angka kemiskinan menjadi sembilan persen dari penduduk Sumatera Barat. Oleh karena itu mari kita bangunkan mereka agar segera keluar dari jeratan kemiskinan,” tutupnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini