Bandara Serahkan Pesawat Batavia Air ke Pemiliknya

Pramono Putra, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2013 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 05 320 832492 lcyDflYGBx.jpg

SURABAYA - Setelah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sekira enam bulan lalu, salah satu pesawat milik Batavia Air yang berada di Bandara Juanda, Surabaya kini telah diserahkan kembali kepada pemilik pesawat.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) I Surabaya mengamankan dua unit pesawat Batavia Air di Bandara Juanda.

General Manager AP I Surabaya, Trikora Harjo mengungkapkan bahwa pengamanan dilakukan karena pihak Batavia Air masih memiliki tunggakan biaya apron pesawat dan sewa lahan di area Bandara Juanda pasca-ditutupnya operasional Batavia Air.

"Pesawat milik Batavia yang akhirnya dilepas Angkasa Pura dan diserahkan kepada pemilik pesawat adalah jenis Boeing 737-400 yang sempat diamankan sejak Batavia dinyatakan pailit dan ditutup operasionalnya," katanya di Sidoarjo, Jumat (5/7/2013).

Lebih lanjut, pelepasan satu dari dua unit pesawat ini dilakukan setelah pihak Angkasa Pura mendapatkan informasi terkait penyelesaian hutang batavia dari pihak kurator di Jakarta. Pesawat penumpang Boeing 737-400 diketahui merupakan pesawat sewaan dari pihak ketiga yang disewa Batavia Air.

"Satu unit pesawat lagidan sejumlah peralatan Batavia lainnya hingga kini madih diamankan di area bandara Surabaya, hingga menunggu petunjuk dari pihak direksi Angkasa Pura di Jakarta terkait penyelesaian utang Batavia kepada Angkasa Pura Surabaya selaku pengelola Bandara," jelasnya.

Pasca-ditutupnya operasional maskapai penerbangan Batavia dinyatakan pailit, hingga kini tercatat masih ada satu unit Boeing 737-400, tiga buah bis dan satu unit mobil minibus, serta sejumlah peralatan lainnya.

"Pihak Angkasa Pura akan mengembalikan aset setelah pihanya menyelesaikan seluruh utangnya kepada Angkasa Pura senilai lebih dari Rp500 juta," imbuh dia. (kie)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini