Rupiah Melemah, Fajar Surya Naikkan Harga Jual Kertas Produksinya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2013 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 10 278 910103 zbBSJpqyBQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) berencana akan menaikkan harga jual produknya sekira 4-5 persen tahun depan. Kenaikan ini, dilakukan guna mengompensasi pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Sebelumnya kami juga telah menaikkan harga jualnya di kisaran yang sama pada tahun ini," ujar Manajer Keuangan FASW Marco Hardy seusai public expose di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Pasalnya, sekitar 60 persen dari harga pokok penjualan menggunakan instrumen mata uang dolar Amerika Serikat (AS) dalam pembiayaannya. "Tapi sepertinya kenaikan harga pada tahun ini tetap tidak dapat menahan bertambahnya rugi bersih kami sampai dengan kuartal tiga tahun ini," paparnya.

Menurut Marco, perseroan tercatat alami rugi bersih meningkat menjadi Rp169,46 miliar, padahal pada periode yang sama tahun lalu nilai rugi bersih perseroan masih berada di angka Rp46,34 miliar.

"Dengan adanya rencana kenaikan harga tersebut, diharapkan dapat menurunkan nilai rugi bersih kami di tahun depan," ucapnya.

Namun, apabila nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS tetap berada di level yang sama seperti ini sebesar Rp12.000 per USD di tahun depan, kemungkinan tahun depan akan tetap mencatatkan rugi.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini