Share

Jokowi Ingatkan Agar Dubes Jadi Sales

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 02 Februari 2015 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 02 320 1100211 jokowi-ingatkan-agar-dubes-jadi-sales-sltujRgPgB.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para duta besar (dubes) Indonesia yang berada di luar negeri fokus dalam diplomasi di bidang ekonomi. Permintaan ini disampaikan Jokowi saat acara rapat kerja di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Saya menyampaikan kepada seluruh diplomat kita, dubes, dan kepala perwakilan, agar diplomasinya fokus di ekonomi," ucap Jokowi di Gedung Kemenlu, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Menurut Jokowi, hal ini tidak terlepas dari posisi neraca perdagangan Indonesia yang masih defisit. Dengan dubes Indonesia menjadi 'sales' di luar negeri, tentu akan membuat surplus neraca perdagangan.

"Itu bisa dibalik menjadi neraca perdagangan yang surplus kalau dubes-dubesnya bisa mempromosikan produk-produk kita. Bisa menjual produk-produk kita, terutama usaha-usaha kecil yang sebetulnya kesempatan untuk masuk ke pasar-pasar internasional itu kita punya kesempatan," kata Jokowi.

Jokowi meyakini produk usaha kecil asli Indonesia dapat bersaing dengan di luar negeri, karena kompetisi harganya sangat bersaing dan kompetitif. Terlebih lagi, produk Indonesia mempunyai kualitas yang terbaik.

"Kesempatan itulah yang saya sampaikan kepada para dubes agar lebih konsentrasi pada diplomasi ekonomi, terutama yang berkaitan dengan promosi produk-produk dan komoditas kita," tegas Jokowi.

Dia menambahkan, dengan dubes Indonesia menjadi 'sales' di luar negeri akan menarik investasi masuk ke Tanah Air.

"Karena pertumbuhan ekonomi akan bisa kita raih sesuai dengan target kalau foreign direct investment (FDI) itu masuk, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan industri. Baik industri yang padat orang, maupun industry yang high-tech. Itu saya arahkan ke sana agar semuanya nanti satu garis dari atas sampai ke bawah," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini