Share

Lebih Baik Bangun Pelabuhan di Cirebon dari Cilamaya

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 28 320 1125730 lebih-baik-bangun-pelabuhan-di-cirebon-dari-cilamaya-nbkhRGD9OB.jpg Ilustrasi pelabuhan. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta investor mencari lokasi baru yang akan digunakan untuk pembangunan pelabuhan selain Cilamaya. Sebab, pembangunan pelabuhan Cilamya menuai banyak kontroversi.

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, I Gusti Nyoman Wiratmaja, mengusulkan Kementerian Perhubungan membangun pelabuhan di Cirebon, lantaran wilayah tersebut tidak memiliki risiko dibandingkan Cilamaya. Menurut dia, jika dipaksakan, maka pembangunan pelabuhan tersebut harus merelokasi pipa-pipa yang memerlukan waktu dan biaya.

"Jangan diganggu, area Cilamaya banyak pipa minyak dan gas. Lebih baik, pembangunan pelabuhan itu dilaksanakan di Cirebon, itu wilayah paling bagus. Kalau pun di Balongan (Indramayu) tidak bagus karena masih kedekatan," ucapnya, Sabtu (28/3/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, usulan tersebut sudah disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman, Bappenas, dan Menteri Perhubungan. Tapi keputusannya belum dapat ditentukan dan perlu melakukan pengkajian terlebih dahulu.

"Sudah kita sampaikan. Mereka akan menengok ini dan melihat suasananya," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini