nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bappenas Siapkan Studi Kelayakan Pelabuhan Pengganti Cilamaya

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Selasa 07 April 2015 14:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 07 320 1130355 bappenas-siapkan-studi-kelayakan-pelabuhan-pengganti-cilamaya-5aTNyxYnly.jpg Ilustrasi pelabuhan. (Foto: Antara)
JAKARTA - Pemerintah akhirnya menggeser lokasi pembangunan pelabuhan pengganti Cilamaya. Pasalnya, pembangunan pelabuhan tersebut berpotensi akan merusak pipa-pipa milik Pertamina.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah melakukan studi kelayakan, terkait lokasi baru pembangunan pelabuhan di wilayah lainnya. Menurut dia, pelabuhan alternatif memang terus akan dibangun, meskipun harus digeser ke arah lain.

"Melihat jumlah kawasan industri yang saat ini cukup besar dan cukup banyak, nanti kita cek ke teman-teman Kementerian Perhubungan dan Bappenas serta Kemenko Perekonomian dan Kemenko Maritim karena untuk pelabuhan ini kan yang membuat study-nya," tutur Saleh di Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Menurut dia, dengan adanya pelabuhan alternatif tersebut, maka diperkirakan akan mampu menurunkan biaya logistik transaksi barang di pelabuhan. "Sehingga, daya saing meningkat apalagi dengan adanya pasar bebas sekarang ini," ujarnya.

Sekadar informasi, pembangunan pengganti Cilamaya akan digeser ke kawasan lebih Timur seperti Indramayu atau Subang, Jawa Barat, dan akan ada studi kelayakan baru. Namun, dengan tetap mengusung rencana awal dengan kapasitas yang dapat memuat peti kemas hingga 5 juta TEUs per tahun.

Adapun tim pengkaji lokasi terdiri dari Bappenas, Kementerian Perhubungan, BPPT di bawah Koordinasi Kemenko Perekonomian, dan Kemenko Maritim akan melakukan survei kembali untuk menentukan lokasi baru tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini