Pertalite Bisa Jadi BBM Alternatif

Widi Agustian, Jurnalis · Minggu 03 Mei 2015 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 03 19 1143789 pertalite-bisa-jadi-bbm-alternatif-soC6O4q5w2.jpg Pertalite bisa jadi BBM alternatif. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bensin jenis baru Pertalite dengan angka oktan 90 bisa menjadi alternatif bahan bakar kendaraan. Keberadaan BBM Pertalite bisa menjadi alternatif bahan bakar bensin bagi konsumen setelah Premium dengan angka oktan 88, Pertamax 92, dan Pertamax Plus 95.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menjelaskan, BBM Pertalite lebih baik dibandingkan Premium, sehingga konsumen bisa memiliki pilihan sesuai bahan bakar yang diinginkan.

 "Secara perlahan, semua kendaraan bermotor keluaran tahun 2006 bisa memakai bensin berangka oktan tinggi," jelas Jongkie di Jakarta, Minggu (3/4/2015).

Pengamat automotif Dewa Yuniardi menilai, bensin Pertalite merupakan tahapan transisi sebelum nantinya Premium akan digantikan bensin dengan angka oktan yang lebih tinggi.

"Industri automotif tentunya siap mengikuti kebijakan pemerintah," ujarnya.

Pertamina berencana meluncurkan bensin jenis baru yakni Pertalite 90 pada Mei 2015. Dengan demikian, nantinya di SPBU terdapat Premium dengan angka oktan 88, Pertalite 90, Pertamax 92, dan Pertamax Plus 95.

Pekan lalu, Pertamina sudah menggelar sosialisasi kepada industri otomotif seperti Gaikindo dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Pada pekan depan, Pertamina akan meyakinkan Komisi VII DPR bahwa Pertalite hanyalah bahan bakar alternatif, sehingga tidak menghapuskan produk Premium.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini