nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumut Segera Miliki PLTU Baru Berkapasitas 2x150 Mw

Akbar Dongoran, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2015 10:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 29 19 1239999 sumut-segera-miliki-pltu-baru-berkapasitas-2x150-mw-FpmLihG2zB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


MEDAN ‎- Jaringan listrik Sumatera Utara-Aceh akan segera mendapatkan tambahan pasokan daya listrik sebesar 2x150 Megawatt (mw). Tambahan itu akan didapat dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang akan dibangun di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

PLTU tersebut akan dibangun oleh PT Mabar Elektrindo, sebuah perusahaan yang sahamnya dipegang oleh perusahaan asal China, Shanghai Electric Po‎wer Construction Co Ltd (SEPC).

Direktur PT Mabar Elektrindo, Zhang Keming menyebutkan, proses pembangunan PLTU itu ‎telah dimulai sejak Oktober 2013 lalu. Dan kini pihaknya telah menyelesaikan seluruh perizinan yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTU itu.

"Pekerjaan konstruksi bangunannya sendiri akan dimulai 2 November 2015 mendatang. Mudah-mudahan selesainya nanti tepat waktu. Doakan saja di 2017,"ujar ‎Zhang.

Zhang mengaku, untuk pembangunan PLTU itu pihaknya menyiapkan total investasi hingga USD 560 Juta. Pembangunan dan operasional PLTU itu juga akan menyerap ribuan tenaga kerja.

"Sekarang saja untuk pembangunan sudah 200 tenaga kerja terserap. Nanti untuk operasionalnya juga akan banyak yang kita rekrut. Termasuk mahasiswa lokal," tukasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, mengapresiasi langkah ‎SEPC merealisasikan investasinya di sektor energi dalam negeri. Ia pun berharap SEPC dapat menanamkan investasi lebih besar lagi di sektor energi dalam negeri.

"Kalau membantunya pasti. Tapi dengan belum maksimalnya pembangkit listrik dari Pangkalan Susu dan Labuhan Angin, maka pasokan juga masih bermasalah. Itu makanya kita berharap mereka (SEPC) bisa menggarap lebih banyak lagi potensi energi kita. Setidaknya ada 500 MW lagi potensinya," tutur Erry.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini