Share

Darmin Sebut Batu Akik Tunjang Ekspor Nasional

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2016 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 27 320 1298281 darmin-sebut-batu-akik-tunjang-ekspor-nasional-rCwLuEswE4.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, data ekspor nasional sekarang ini mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Tetapi, ekspor tersebut bukan dari industri utama.

Kini, tren ekspor telah beralih. Dari industri utama ke sektor industri padat karya seperti alas kaki, perhiasan, hingga batu akik.

"Bahkan bisa mengejutkan pertumbuhan ekspor barangkali industri utama alas kaki, yah masih bisa, tapi di daftar berikutnya ditemukan yang namanya perhiasan, itu batu akik itu, ada industri alat angkutan motor sebagian mobil," kata dia, di Hotel Borobudur, Rabu (27/1/2016).

Menurut Darmin, industri nasional masih belum kompetitif. Usai krisis ekonomi 1998 sektor manufaktur Indonesia mengalami kemunduruan, namun melimpahnya sumber daya alam Indonesia bisa menjadi sektor penolong perekonomian Indonesia dan Indonesia terus ketergantungan hingga sekarang ini.

"Saat krisis besar ada masyarakat kita yang gembira ria yang punya kebun kopi, sawit, karet, karena setiap dolar AS yang diterima langsung hasilkan Rupiah yang jauh lebih banyak, itu tidak disesali, kita punya sesuatu yang besar saat krisis 1998. Hasilnya pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi dari dinamika sumber daya kita," tambahnya.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini