Share

Arsitektur Studio Seni Ini Mirip Ikan Paus Raksasa

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Sabtu 26 Maret 2016 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 26 470 1346288 arsitektur-studio-seni-ini-mirip-ikan-paus-raksasa-AfqCcOz6t3.jpg Arts University of Bournemouth (Foto: In Habitat)

DORSET - Studio gambar baru di kampus Arts University Bournemouth di Dorset, Inggris, memiliki struktur bergelombang berwarna biru yang terlihat seperti ikan paus raksasa.

Seperti dilansir dari laman In Habitat, Sabtu (26/3/2016), struktur bangunan dibalut oleh sebanyak 17 panel baja dan dirancang oleh CRAB Studio milik Peter Cook. Ruang baru ini dirancang untuk melibatkan para siswa dalam berbagai disiplin ilmu, mulai dari fashion dan desain grafis untuk seni dan arsitektur.

Bangunan merupakan studio gambar pertama berdiri sendiri, yang akan dibangun di sebuah perguruan tinggi seni Inggris selama lebih dari satu abad, dan juga menjadi studio gambar pertama yang tidak konvensional.

Bentuk bulat pada bangunan, berlapis baja dengan dua jendela besar yang sudutnya mengarah ke langit dan memberikan cahaya alami untuk kelas menggambar. Fasad eksternal terbentuk dari 17 panel baja yang diproduksi di pabrik sebelum diangkut dan dilas secara bersama-sama pada lokasi pembangunan.

Kaca yang dikuatkan oleh gipsum (Glass Reinforced Gypsum/GRG) adalah salah satu bahan bangunan utama yang digunakan untuk melindungi bangunan dan menghasilkan rongga antara kerangka dan dinding bagian dalam. Ruang ini bisa berfungsi sebagai rumah toko, ruang ganti, toilet dan ruang mencuci.

Sedangkan interiornya sangat kontras dengan eksteriornya. Interior yang luas dibalut warna putih netral yang terlihat seperti sebuah kanvas kosong, memungkinkan siswa berkonsentrasi pada desain mereka. Ada juga dua skylight besar, sebuah jendela rendah dan mengkilap masuk membawa cukup cahaya ke dalam ruang studio.

"Studio merupakan pengakuan fundamental pentingnya menggambar untuk semua mata pelajaran yang kreatif," kata Cook.

"Ketika datang ke desain studio, saya ingin memastikan saya membuat sebuah ruang yang semua siswa, dari semua disiplin ilmu, baik itu desain fashion, desain grafis, seni rupa, atau arsitektur seperti saya, bisa memanfaatkan dan merasa terinspirasi," tambah dia.

(dhe)

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini