">

Aliran Uang Keluar BI Malang Naik 9,76% di Ramadan

ant, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2016, 14:18 WIB
https img z okeinfo net content 2016 07 14 20 1437824 aliran uang keluar bi malang naik 9 76 di ramadan gT3acIIXk9 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


MALANG - Selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 2016, aliran uang keluar atau "outflow" dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang naik sekira 9,76 persen atau sebesar Rp2,8 triliun dari tahun 2015 yang tercatat hanya sebesar Rp2,56 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Jawa Timur Dudi Herawadi di Malang, Kamis, mengemukakan kenaikan (peningkatan) outflow terjadi seiring datangnya libur semesteran dan kenaikan kelas pendidikan formal serta penerimaan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS), sehingga kebutuhan uang tunai untuk transaksi keuangan dan pembayaran selama Ramadhan dan Idul Fitri bertambah.

"Namun demikian, kenaikan pertumbuhan outflow di tahun 2016 ini masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan outflow tahun 2015 yang mencapai 20,75 persen," ucapnya.

Menyinggung kebutuhan penukaran uang pecahan kecil, Dudi mengatakan tahun ini didominasi oleh pecahan Rp5.000 sebesar Rp136 miliar, kemudian diikuti dengan pecahan Rp10.000 sebesar Rp101 miliar.

Menanggapi tingginya permintaan uang pecahan kecil, pihaknya berharap masyarakat dapat membiasakan penggunaan uang elektronik untuk transaksi pembayaran retailnya, termasuk pada saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Pasalnya, penggunaan uang elektronik, masyarakat dapat memperoleh keuntungan dari segi efektivitas dan kemudahan pada saat melakukan berbagai transaksi, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

Guna memenuhi peningkatan permintaan kebutuhan uang pecahan kecil selama Ramadhan, BI bersama perbankan berupaya mengoptimalkan pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dengan tetap mengedepankan prinsip keamanan, efektivitas dan aksesibilitas.

Lebih lanjut, Dudi mengatakan kegiatan penukaran uang baru tersebar di seluruh loket pelayanan perbankan dalam Wilayah Kerja BI Malang, baik Bank Umum maupun BPR yang menyediakan pelayanan penukaran.

Sedangkan utnuk menunjang pemenuhan layanan penukaran di daerah-daerah pelosok, BI Malang bersama unsur perbankan memfasilitasinya melalui layanan kendaraan kas keliling.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih pada seluruh unsur perbankan atas kerja sama yang optimal dan telah mendukung pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dengan tertib dan lancar," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini