Image

Mudik 2016, Penumpang Kereta Api Naik 7,3%

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2016, 11:25 WIB
https img z okeinfo net content 2016 07 22 320 1444109 mudik 2016 penumpang kereta api naik 7 3 t0OZnlYWER jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada musim angkutan Lebaran 2016 telah berhasil mengangkut 5,48 juta penumpang atau meningkat 7,3 persen dari jumlah penumpang yang diangkut pada tahun lalu yakni 5,10 juta penumpang.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan, capaian tersebut melampaui program yang telah ditetapkan Perseroan yang sebesar 5,5 persen.

"Secara umum, pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini berjalan dengan aman dan lancar tanpa kendala berarti," kata Edi di VIP Room Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Edi menyebutkan, jumlah penumpang kereta api sebanyak 5,481 juta orang terhitung pada masa mudik dan balik sejak H-10 sampai H+10. Adapun, sebanyak 372 perjalanan kereta (reguler dan tambahan) dioperasikan guna mengangkut seluruh penumpang.

 [Baca juga: Gunakan Lahan KAI Pakai Ikatan Kontrak]

Lanjut Edi, Jumlah kereta api yang dioperasikan juga meningkat dibandingkan tahun 2015 yang hanya 370 perjalanan KA selama angkutan lebaran. Secara umum seluruh arus mudik dan balik tahun ini lancar dan aman. Hal ini terindikasi dari zero accident seperti yang ditetapkan semula.

Edi menambahkan, selama masa mudik dan balik kemarin pihaknya juga mengoperasikan kereta tambahan di luar rencana operasi yaitu KA Kutojaya Ekstra Lebaran (tujuan Kutoarjo - Pasar Senen PP) dan KA Argo Parahyangan (Bandung - Jakarta PP). Kereta ini merupakan kereta terbaru yang dimiliki KA. Awalnya belum akan dioperasikan, namun mengingat minat masyarakat begitu tinggi akhirnya KA ini dioperasikan.

"Kita memperjuangkan menambah KA meskipun reserve cadangan jadi berkurang. Secara prinsip kita tambahkan KA lebaran tahun ini," tambahnya.

Pada musim Lebaran 2016, kata Edi, KAI juga telah melakukan peningkatan pelayanan dan kenyamanan penumpang dengan merenovasi toilet di stasiun-stasiun daerah, dan juga informatif dengan meletakkan informasi pengumuman keberangkatan, kedatangan, dan fasilitas selama perjalanan.

Tidak hanya itu, KAI juga menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya keterlambatan keberangkatan dan kedatangan pada beberapa kereta api akibat bencana alam dan gangguan lainnya.

"Atas kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran 2016, KAI menyampaikan apresiasi kepada pengguna jasa kereta api," tandasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini