nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Tips Sukses Persiapan Wawancara Kerja

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 31 Desember 2016 22:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 30 320 1579236 11-tips-sukses-persiapan-wawancara-kerja-6LL1DLebzw.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA – Wawancara kerja adalah salah satu langkah awal untuk meniti karier secara profesional. Apapun pekerjaan yang Anda pilih, wawancara kerja adalah satu hal yang wajib Anda lalui.

Namun, wawancara kerja kerap kali menjadi batu sandungan. Banyak orang yang gagal hanya karena tidak siap untuk menghadapi wawancara kerja.

Untuk itu, Anda pun perlu menguasai trik sebagai persiapan wawancara kerja. Mengutip laman The Balance, berikut adalah 11 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan wawancara kerja:

1. Analisis pekerjaan

Analisis pekerjaan adalah satu hal yang amat penting untuk Anda lakukan. Buatlah deskripsi pekerjaan hingga keterampilan yang perlu Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda untuk menjawab setiap pertanyaan saat wawancara kerja.

2. Buat daftar 10 kemampuan yang anda miliki

Buatlah 10 daftar kemampuan atau kelebihan yang Anda miliki. Di antaranya adalah sertifikat, pengalaman, hingga keterampilan lainnya yang Anda miliki. Hal ini merupakan salah satu topik yang biasanya sering kali ditanya saat Anda melamar pekerjaan. Setelah membuat daftar, maka Anda akan semakin mudah untuk menjawab pertanyaan mengenai kemampuan yang Anda miliki.

3. Ketahui secara rinci informasi mengenai perusahaan

Luangkan waktu untuk menggali informasi mengenai perusahaan tempat Anda akan bekerja. Cari tahu berbagai informasi seperti budaya kerja hingga produk yang dihasilkan. Sebab, informasi ini dibutuhkan untuk memperkaya ilmu pengetahuan Anda sebelum melakukan wawancara pekerjaan.

4. Praktik wawancara

Anda perlu melakukan latihan sebelum mengikuti wawancara kerja. Mintalah rekan Anda untuk menemani Anda berlatih. Jangan gugup dan pastikan semua pertanyaan dijawab dengan lancar.

5. Siapkan pakaian anda untuk wawancara kerja

Jangan menunggu hingga hari H untuk mempersiapkan pakaian Anda untuk menghadapi sesi wawancara. Terlepas dari apapun pekerjaan Anda, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional dengan menggunakan pakaian yang rapi dan bersih. Persiapkan jauh-jauh hari, sehingga Anda juga dapat mempersiapkan hal lainnya sebelum melakukan wawancara kerja.

6. Persiapkan gaya rambut

Hal yang tidak begitu penting. Namun, mempersiapkan gaya rambut adalah suatu hal yang juga dapat menentukan karakteristik diri Anda sendiri. Tunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memiliki pribadi yang baik dengan tampilan Anda saat wawancara kerja.

7. Buat daftar yang perlu anda bawa saat wawancara kerja

Buatlah daftar apa saja yang perlu Anda bawa saat wawancara kerja. Misalkan seperti berkas atau bahkan makanan. Setelah membuat daftar, persiapkan jauh-jauh hari barang-barang yang Anda butuhkan.

8. Perhatikan etika wawancara

Jangan lupakan etika. Anda perlu memperhatikan gerak tubuh, cara duduk, tatapan, hingga etika berbicara. Jangan terlalu santai seperti bersandar hingga mengerakkan kaki saat wawancara. Berupayalah untuk meyakinkan pewawancara bahwa Anda layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

9. Pahami rute menuju kantor

Rute atau jalan menuju kantor dari rumah Anda adalah hal yang perlu Anda ketahui. Tak ada salahnya Anda melakukan survei beberapa hari sebelum wawancara kerja. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tak terlambat tiba saat wawancara.

10. Simak dan ajukan pertanyaan

Simak pertanyaan pewawancara dengan baik dan jawablah seyakin mungkin. Anda juga memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Siapkanlah pertanyaan seperti mengenai pekerjaan Anda atau hal lainnya. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan pekerjaan yang Anda lamar.

11. Ucapkan terima kasih setelah melakukan wawancara

Ucapkan terima kasih setelah Anda melakukan wawancara. Tak ada salahnya Anda mengirim ucapkan terima kasih melalui email. Dalam email yang Anda kirimkan, tak ada salahnya Anda menyatakan kembali mengapa Anda layak diterima pada perusahaan tersebut.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini