Ngutang Demi Renovasi Rumah akibat Banjir, Perlukah?

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 27 Februari 2017 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 27 470 1628968 ngutang-demi-renovasi-rumah-akibat-banjir-perlukah-SYldm5REvv.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Banjir kerap kali melanda kawasan-kawasan padat penduduk, permukiman rendah, dan minim resapan air. Jika rumah kita berada di lokasi yang langganan terkena banjir tentunya sering kali kita harus menggelontorkan dana perbaikan rumah akibat banjir.

Kerusakan yang diakibatkan banjir pun beragam, dari kecil, sedang, besar. Semakin besar kerusakan akibat banjir tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Lantas, jika kondisi keuangan kita sedang tidak memadai sementara kita merasa perlu untuk segera memperbaiki rumah, apa yang mesti dilakukan? Apakah berutang menjadi solusi yang tepat dalam kondisi seperti tersebut?

"Kalau sekarang misalnya kita memang tidak punya ruang (atau dana terbatas) untuk membayar utang karena kita punya gaji misalnya Rp10 juta kemudian sudah bayar rumah RP4 juta, bayar kendaraan Rp2 juta, nah sisa duit kita pas-pasan misalnya gitu loh maka jangan berutang lagi, kalau nggak malah bahaya," kata Perencana Keuangan Fredy Piellor kepada Okezone.

Namun, berutang pun tak selamanya salah dilakukan untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat banjir. Namun, dengan catatan, kita yakin betul jika gaji tiap bulan yang kita peroleh dapat disisihkan sebagian untuk membayar utang tersebut hingga lunas.

"Kalau masih ada ruang, kita selama ini katakanlah masih ada ruang yang longgar, kita bisa nabung untuk keperluan tertentu, kemudian juga bisa jalan-jalan tiap minggu, kan itu masih ada ruang ya, saya pikir nggak apa berutang, tapi gaji kita mesti disisihkan untuk membayar utang," jelasnya.

"Yang jelas lihat kondisi keuangan kita, apakah masih ada ruang apa tidak. Kalau tidak ada ruang lagi sebaiknya kita menjual barang yang kita punya atau likuidasi aset yang kita miliki. Tapi kalau masih ada ruang bolehlah kita pinjam. Tetapi kemudian pastikan kita membayarnya setiap bulan sampai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan," tambah Fredy.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini