Pindah dari Rumah Rawan Banjir, Butuh Pertimbangan Matang!

Trio Hamdani, Jurnalis · Minggu 26 Februari 2017 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 26 470 1628598 pindah-dari-rumah-rawan-banjir-butuh-pertimbangan-matang-wOKw69OvIY.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak orang memilih untuk tetap bertahan mendiami sebuah rumah meski kerap kali terkena banjir. Beragam hal mungkin menjadi pertimbangan mereka untuk tidak pindah. Entah karena takut rugi karena harga rumahnya jatuh, atau bahkan karena sudah terbiasa menghadapi banjir.

Namun, bagi pemilik rumah yang mendiami hunian langganan banjir sebaiknya perlu mempertimbangkan sejumlah dampak negatif menetap di rumah rawan banjir. Sehingga sebaiknya mulai menyusun rencana untuk pindah.

Akan tetapi sebelum pindah ke rumah bebas banjir, harus ada hal-hal yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan matang-matang. Seperti dikatakan Perencana Keuangan Andi Nugroho, ketika kita memilih pindah rumah kemungkinan ada dana tambahan yang harus kita siapkan.

"Mesti dipertimbangkan juga bahwa untuk pindah rumah berarti harus menjual yang lama dan beli lagi yang baru, dan kalaupun beli baru mungkin ada dana tambahan yang harus disiapkan," katanya kepada Okezone, Jakarta, belum lama ini.

Tak hanya soal dana tambahan, lokasi rumah baru yang hendak kita beli pun harus dipikirkan sebaik mungkin. Jangan sampai keinginan untuk terbebas dari banjir malah menimbulkan masalah baru lainnya.

"Pertimbangan jarak dengan tempat kerja juga harus diperhatikan, jangan asal pindah saja ke tempat yang lebih aman namun ternyata jarak ke tempat kerja jadi makin jauh dan makin repot sehingga harus menambah biaya juga," lanjut Andi.

Dia menambahkan, meski pindah rumah bukan perkara mudah, namun kita mesti berani untuk bertindak daripada harus pasrah tiap kali hujan deras harus menghadapi repotnya menangani banjir.

"Kalau saya yang mengalami sendiri, tentu saya akan ambil opsi tersebut (pindah) karena saya tipikalnya tidak mau terperosok ke lubang yang sama beberapa kali," pungkasnya.

(dhe)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini