Share

Industri Interior RI Kian Dilirik Investor Asing, Ini Buktinya!

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 15 470 1643364 industri-interior-ri-kian-dilirik-investor-asing-ini-buktinya-aqYiLUmZRb.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone)

JAKARTA - Pameran ikonik International Design Exhibition (Index ), yang telah rutin diselenggarakan di Dubai selama 26 tahun terakhir, akan melebarkan sayapnya.

Index Dubai melihat perkembangan industri interior di Indonesia sebagai kesempatan untuk memperluas bisnis desain interior sebagai platform untuk kawasan Asia Tenggara dan Australia, yakni menjadi wadah yang mempertemukan para pemain global dari industri desain interior dengan buyers yang tepat.

Index Indonesia akan hadir pada 5-8 Oktober 2017 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), juga akan diselenggarakan bersamaan dengan Mozaik Housewares & Gift Show, pameran peralatan rumah tangga. Kedua pameran yang saling terintegrasi ini akan menjadikan Index Indonesia dan Mozaik Housewares & Gift Show satusatunya pameran yang fokus pada industri desain interior, home furnishing, peralatan rumah tangga, dan cenderamata.

Besarnya jumlah penduduk dan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah menjadi keunggulan tersendiri untuk Indonesia, hingga menjadikan Indonesia sebagai pasar ritel yang kuat dan terbesar di kawasannya. “Housewares & Gift Show akan menargetkan pasar bisnis industri desain interior, home furnishing, peralatan rumah tangga, dan cenderamata Asia Tengara dan Australia,” ujar Direktur Nine Events Etty Anggraeni, dalam keterangan tertulisnya.

Kolaborasi antara Nine Events (organizer pameran yang merupakan anak perusahaan dari API Events) dan DMG Events (organizer pameran internasional asal Inggris) akan menghadirkan konsep pameran baru di bidang desain interior terbesar di Indonesia.

“Industri desain interior, home furnishing , peralatan rumah tangga, dan cenderamata diprediksi mengalami kenaikan seiring berkembangnya industri properti, pariwisata, dan hospitality di Asia Tenggara,” kata Etty.

Index Indonesia dan MOZAIK Housewares & Gift Show menargetkan kehadiran dari 12.000 pengunjung potensial selama 3 hari penyelenggaraan trade days , dan 1 hari public day . Index Indonesia menargetkan keikutsertaan lebih dari 200 brand asal Indonesia maupun mancanegara.

Event Director DMG Events Design and Hospitality Samantha Kane- Macdonald mengatakan, antusiasmenya membawa Index memasuki pasar Indonesia yang dinilainya sangat potensial.

“Kami sangat antusias bekerja sama dengan Nine Events untuk meluncurkan pameran Index bersama Mozaik di Indonesia,” sebutnya.

Sementara Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menghadirkan para pelaku usaha keramik dan industri pendukungnya dalam KERAMIKA 2017 . Pameran untuk mempromosikan industri keramik dan pendukungnya serta perkembangan teknologi maupun desain keramik Indonesia ke pasar global ini diadakan pada 16 hingga 19 Maret 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Industri keramik tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan primer, yakni rumah tinggal.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia Elisa Sinaga menyatakan, total kapasitas terpasang keramik nasional mencapai 570 meter persegi sampai 580 juta meter persegi per tahun. Walaupun tidak ada target tertentu untuk ekspor, ekspor keramik berada di kisaran 13%.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini