Share

Wow! Interior Rumah Ini Terdiri dari Ribuan Botol dan Bungkus Plastik Bekas

Yoyok Agusta, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 29 470 1653876 wow-interior-rumah-ini-terdiri-dari-ribuan-botol-dan-bungkus-plastik-bekas-JdkOYXb5jh.jpg Ilustrasi : Shutterstock

SIDOARJO - Sampah identik dengan barang yang sudah tidak berguna. Namun, di tangan seorang pria di Sidoarjo, Jawa Timur, mampu menyulap sampah tersebut menjadi hiasan interior rumahnyamulai dari pagar hingga dinding dan pintu masuk dihiasi interior dari sampah plastik.

Suryansyah, warga Semambung, Kecamatan Jabon ini bukan pemulung yang biasanya mengorek tumpukan sampah untuk mencari barang kemudian dijual. Mantan guru les privat bahasa inggris ini, mencari botol minuman dan kantong plastik bekas ditumpukan sampah untuk dijadikan interior rumahnya.

Dengan jiwa seni yang dimilikinya, ayah dua orang anak ini menyulap sampah rumah tangga menjadi barang yang mempunyai nilai seni yang cukup bagus dan eksotik. Rumah dengan ukuran 3x10 meter dengan luas tanah hampir delapan puluh meter persegi ini dipenuhi berbagai hiasan berbahan sampah.

“Hiasan berbahan sampah ini dilakukan sejak tiga tahun lalu,” kata Suryansyah di Sidoarjo, Rabu (29/3/2017).

Entah sudah berapa banyak sampah botol dan bungkus plastik yang telah disulapnya menjadi interior maupun kostum boneka yang cukup cantik untuk dipasang di dalam rumah hingga halaman depan rumahnya.

Bahan baku limpah sampah ini terdiri bermacam-macam perabot rumah tangga hingga limbah sampah di antaranya guling bekas, bantal, bola bekas, helm, topi bekas, botol mineral bekas, plastik hingga peralatan dapur bekas.

Uniknya lagi, seni rumah sampah ini juga menyediakan taman baca untuk para pengunjung yang ingin singgah melihat rumah sampah ini. Para pengunjung mengaku sangat nyaman saat berada di dalam rumah sampah karena bisa menimbah ilmu melalui alam.

“Ide membuat rumah sampah ini berawal dari keprihatinan terhadap kerusakan lingkungan karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan,” kata Suryansyah.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini