Share

Tipografi Jadi Tren Desain Interior Ruangan

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 470 1962099 tipografi-jadi-tren-desain-interior-ruangan-mkZWMS0K8Y.jpg Desain Tipografi Rumah (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Menghadirkan aura positif di seluruh ruangan akan menjadi tren interior selanjutnya. Alami dan ekspresif adalah dua kata kuncinya.

Tidak jauh berbeda dengan tren mode. Tren interior pun selalu silih berganti seiring dengan perkembangan desain. Ada masanya penggunaan material besi stainless, glasstone, dan mosaik tile amat diminati masyarakat.

Ada pula masanya masyarakat terobsesi dengan wallpaper dan furnitur berbahan plastik yang dirasa praktis dan ekonomis. Menengok sedikit ke belakang, desain yang pernah ngetren pada masanya dulu, mungkin akan terasa ketinggalan zaman.

Baca Juga: Mengubah Interior dengan Digital Printing

Inilah konsekuensinya yang dialami tren dari masa ke masa, seiring lahirnya tren baru setiap tahunnya. Oleh karena itu, yang terpenting bukanlah mengikuti tren yang ada, namun memanfaatkan tren itu sendiri untuk mengekspresikan diri kita sebagai penghuni rumah.

“Suasana interior bertema hutan dan angkasa yang identik dengan alam masih akan sering kita jumpai. Sedangkan teknik tipografi atau penggunaan huruf dan kata semakin banyak menghiasi dinding interior sebagai sarana ekspresi diri,” kata arsitek Satrio Herlambang.

Untuk membantu mengenalkan tren desain yang masih akan ramai digunakan, berikut ini kami hadirkan ulasan dan inspirasi selengkapnya. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bahkan sebuah furnitur yang dibuat seahli apa pun, tidak bisa 100% terhindar dari cacat.

Mengusung konsep ini, tren interior kali ini bermaksud mengajak penghuni rumah menikmati ketidaksempurnaan dalam desain. Misalnya melalui berbagai aksen alami yang dimiliki material bangunan.

“Khususnya untuk furnitur, kita diajak untuk melepaskan diri dari berbagai keseragaman, misalnya dengan menghindari garis lurus dan membiarkannya mengalir alami.

Baca Juga: Wow! Interior Rumah Ini Terdiri dari Ribuan Botol dan Bungkus Plastik Bekas

Alam bebas menjadi inspirasi utama yang tidak pernah habis untuk dieksplorasi, dan dibawa ke dalam interior rumah,” kata Satrio. Hal ini memberikan kesempatan bagi penghuni rumah untuk semakin memanfaatkan rumah sebagai kanvas dalam berkarya.

Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan area berekspresi bagi penghuni rumah di berbagai sudut rumahnya. Konsep tipografi dihadirkan melalui berbagai media, baik dinding itu sendiri, papan tulis, bahkan langsung di atas furnitur.

Pada awalnya, tipografi merupakan sebuah ilmu dalam memilih dan menata huruf agar tercipta kesan tertentu. Lambat laun ilmu ini pun berkembang menjadi sebuah karya seni atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utamanya.

Perlahan seni tipografi pun mulai merambah ke dunia interior, mengingat banyaknya ruang publik yang menggunakan ilmu seni ini sebagai elemen estetis di dalamnya. Namun, berbeda dengan seni tipografi pada tahun-tahun sebelumnya yang cenderung lebih mengusung kata-kata mutiara, tren tipografi kelak akan lebih variatif.

“Terdapat beberapa kemungkinan seni tipografi yang akan semakin merambah hunian, di antaranya tipografi yang menggunakan kapur, di mana desainnya yang terinspirasi dari huruf-huruf mesin tik, penggunaan bongkahan scrabble raksasa,” tutur Satrio. (Aprilia S Andyna)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini