nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Dana Abadi Pendidikan 2030 Capai Rp400 Triliun

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 04 April 2017 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 04 20 1658510 jokowi-dana-abadi-pendidikan-2030-capai-rp400-triliun-2HYUTJss6H.jpg Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah fokus untuk membangun perekonomian nasional. Tak hanya pembangunan fisik seperti infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM) pun juga tetap menjadi perhatian pemerintah.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar dana pendidikan yang dikucurkan oleh pemerintah digunakan secara tepat sasaran. Pasalnya, dana ini sangat menentukan kualitas SDM di Indonesia dalam jangka panjang.

"Untuk Menteri Keuangan ini harus sovereign wealth fund (SWF), untuk pendidikan jangan semua dihabiskan tapi enggak tepat guna," tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Hingga tahun 2030 mendatang, Presiden Joko Widodo menargetkan dana abadi pendidikan di Indonesia mencapai Rp400 triliun. Dana ini akan dapat digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Baik S2 maupun S3.

"Dana abadi pendidikan ini nantinya digunakan untuk pendidikan. Kemarin kita hitung hingga 2030 kita akan mempunyai dana Abadi pendidikan sekitar Rp400 triliun. Gede banget. Udah, ya dipakai untuk pendidikan bisa S2-S3 di luar," jelasnya.

Jokowi menekankan, dana pendidikan ini adalah investasi bagi pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Diharapkan, investasi ini nantinya dapat berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Ini harus disisihkan sehingga ada dana pendidikan yang besar, ini investasi jangka panjang untuk anak cucu kita," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini