nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Daerah Perbatasan Bisa Tumbuh Didukung Pembangunan Basis Militer

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 13:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 08 320 1710844 ekonomi-daerah-perbatasan-bisa-tumbuh-didukung-pembangunan-basis-militer-zEnA6ZeifI.jpg Ilustrasi Perbatasan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memaparkan fokus rencana kerja 2018 kepada Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Dia menyampaikan fokusnya membangun basis militer khususnya di wilayah perbatasan.

Wiranto menerangkan, Indonesia memiliki panjang wilayah perbatasan mencapai 99.000 kilometer (km) atau menjadi negara kedua di bawah Kanada yang memiliki panjang wilayah perbatasannya mencapai 200.000 km.

Namun, luasnya wilayah perbatasan Indonesia masih kekurangan penjagaan yang bisa mengancam kedaulatan negara. Peluang tindak kriminal seperti peredaran narkotika, human trafficking dan tindak kriminal lainnya, bisa meluas di wilayah tersebut.

"Dengan ada pembangun basis militer, sudah pasti ada puskesmas, rumah sakit, sekolah, dan pasar. Kalau ada empat hal ini, transmigrasi akan spontan. Ekonomi baru pun akan terbentuk. Yang terpenting menutup celah pertahanan kita yang selama ini berlubang," ujarnya, di Ruang Sidang Banggar, DPR RI, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Wiranto menambahkan, melalui pembangunan basis militer di wilayah perbatasan, relokasi penduduk yang selama ini terpusat di Pulau Jawa bisa semakin merata. Selain itu, industri di wilayah perbatasan pun semakin bertumbuh.

"Selama ini kita terpaksa jika ada kejadian di wilayah perbatasan mengirim pasukan dari Jawa. Padahal jika kita buatkan basis militer, maka sentra ekonomi baru bisa tumbuh. Lewat pembangunan ini, masyarakat pun akan semakin banyak ke wilayah perbatasan," tuturnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini