Image

Jelang Arus Mudik, Pertamina Harus Cari Cara Tambah Pasokan Premium

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 14:36 WIB
https img o okeinfo net content 2017 06 20 320 1720715 jelang arus mudik pertamina harus cari cara tambah pasokan premium Xrievm0yUX jpg Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Foto: Okezone)

MEDAN - Subtitusi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium menjadi Pertalite, membuat ketersediaan Premium terindikasi mengalami kelangkaan. Akibatnya, kerap kali terjadi antrean panjang jika banyak kendaraan yang hendak mengisi Premium.

Kepala Badan Pengendali Hilir Minyak dan Gas (BPH MIGAS) Fanshrullah Asa mengatakan, langkanya BBM jenis Premium disebabkan karena Pertamina mengubah Nozel Premium menjadi Pertalite di sejumlah SPBU.

"Akibat perubahan nozel dari Premium menjadi Pertalite itu sehingga menyebabkan banyak SPBU-SPBU tertentu dikurangi untuk penjualan premiumnya," ujarnya di Medan, Selasa (20/6/2017)

Pria yang kerap disapa Ifan itu menambahkan, perlu langkah antisipasi dari Pertamina agar tidak adalagi daerah yang mengalami kelangkaan BBM jenis Premium. Bisa dengan menambah jumlah pasokan kepada depot-depot milik Pertamina ataupun memerhatikan kelancaran suplai ke SPBU-SPBU setempat.

"Apakah itu misalnya pasokan Pertalite-nya dikurangi kemudian ditambahkan premium lagi atau bisa juga suplai dari depot masuk ke SPBU-SPBU-nya diperlancar ," jelasnya

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para pemudik agar mengisi bahan bakarnya sebelum berangkat. Hal ini dilakukan agar tidak perlu terlalu sering mampir ke SPBU. "Juga agar tidak mogok di tengah jalan. Khususnya saat ingin memasuki jalan tol," jelas dia.

Menurutnya, dengan mengisi bahan bakar hingga full sebelum mudik , maka akan menghindari kemacetan hingga berkilo-kilometer. "Ini biar jangan ada antrean saat ngisi bahan bakar di SPBU sampai ke jalan. Karena itu bisa menimbulkan kemacetan," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya selaku koordinator bersama Pertamina menyediakan posko di setiap jalan tol di seluruh Indonesia. "Kita sediakan posko-posko BBM yang nantinya akan jemput bola dengan menggunakan motor untuk membantu kendaraan yang bermasalah baik karena kehabisan bensin maupun masalah teknis lainnya," kata Ifan

Di kesempatan yang sama, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan, dalam menghadapi lebaran 2017 upaya yang dilakukan Pertamina sudah cukup bagus. Sehingga, tidak perlu lagi adanya kekhawatiran akan kekurangan pasokan BBM saat mudik Lebaran nanti.

Hanya saja lanjut Gus Irawan, masih perlu ada yang diperhatikan oleh PT Pertamina khususnya untuk pasokan Premium. "Memang keluhan masyarakat adalah mengenai stok Premium," jelasnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini